Kamis, 08 Okt 2020 11:33 WIB

Masuk Musim Hujan, Ini Saran Ahli agar Masker Efektif Cegah COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Medical mask and Glasses fogging. Avoid face touching, Coronavirus prevention, Protection. Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/ChesiireCat)
Jakarta -

Memasuki musim hujan, para ahli kesehatan memperingatkan semua orang untuk membawa masker cadangan. Pasalnya, cuaca yang lembab dan basah membuat masker menjadi kurang efektif dalam mencegah infeksi virus Corona COVID-19.

Hal ini karena air hujan dapat membatasi aliran udara dan mengurangi kemampuan masker dalam menyaring virus.

Mantan pejabat di program kanker WHO, Karol Sikora, mengatakan bahwa semua jenis masker pada dasarnya akan menjadi rentan dalam cuaca lembab.

"Saya pikir masyarakat umumnya kurang memiliki pengetahuan atau panduan tentang masalah ini. Mereka harus diberi nasehat yang jelas oleh pihak berwenang, terutama mengingat saat ini hujan deras," kata Sikora, dikutip dari Daily Mail.

Sementara itu, Dr Simon Clarke, ahli mikrobiologi di University of Reading, mengatakan ini sama halnya dengan masker yang lembab karena bersin atau batuk, maka masker perlu diganti dengan yang baru.

"Saya selalu memastikan bahwa saya memiliki setidaknya satu masker cadangan setiap kali saya bepergian keluar, sehingga saya dapat mengganti masker ketika basah atau sudah menggunakannya dalam beberapa waktu," jelas Clarke.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah menyarankan agar setiap masker yang sudah basah atau tampak kotor perlu langsung diganti dengan yang baru.

"Untuk semua jenis masker, waktu penggunaan dan pembuangan yang tepat itu penting untuk memastikan masker tersebut efektif dalam mencegah penularan (penyakit)," ucap WHO.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)