Sabtu, 10 Okt 2020 15:04 WIB

Biar Glowing, Aksi Pria Saat Demo RUU Cipta Kerja Ini Bikin Ngakak

Elsa Himawan - detikHealth
Pria ini menggunakan masker kecantikan saat aksi demo RUU cipta kerja Pria ini pakai masker kecantikan di tengah aksi demo. (Foto: Screenshot TikTok @Pandu Sulaeman)
Jakarta -

Belakangan, aksi demo RUU Cipta Kerja menuai banyak perhatian di media sosial. Pasalnya, ada beberapa aksi yang berujung ricuh dan rusaknya fasilitas umum.

Berbeda dengan pendemo satu ini, aksi yang ia lakukan malah mengundang tawa. Ia menggunakan masker kecantikan di tengah demo RUU Cipta Kerja.

Aksi Pandu ia unggah dalam akun TikTok miliknya @pandu.bone saat melakukan aksi demo di Bundaran HI Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Alih-alih menggunakan masker untuk cegah Corona, pria ini malah mengenakan masker kecantikan di tengah rusuhnya demo RUU Cipta Kerja. Berdasarkan pantauan detikcom, video ini mendapatkan 12,6 juta views dengan 1,4 juta likes di TikTok.

"Kalo lu lagi demo, patuhilah protokol kesehatan. Gunakan masker, tuh kayak gue nih.. noh, di belakang lagi rusuh.. rusuh banget kan? udah pakai masker yang penting mah," ujar Pandu di dalam video TikTok miliknya.

"HARUS GLOWING YA BUND," ujar Eko Saputra pada kolom komentar merespons video @pandu.bone.

"knp demo sekarang banyak pelawaknya," komentar @galerikocing.

Pandu menceritakan bahwa saat melakukan demo, suasananya begitu mencekam dan semua pendemo menunjukkan raut wajah yang serius. Di balik suasana yang terbilang menyeramkan itu, Pandu melihat tukang jepitan yang lewat.

Tak pikir panjang, ia berinisiatif membeli masker kecantikan dengan maksud menghibur pendemo lainnya.

"Tujuannya untuk menghibur karena suasana demo kan lagi mencekam. Orang-orang pada pake odol di bawah mata buat ngilangin perih dari gas air mata, ya saya olesin masker kecantikan di bawah mata aja. Eh, gak ada yang engeh, jadi ga lucu. Yauda saya olesin aja ke seluruh wajah," ujar Pandu kepada detikcom, Jumat (09/10/2020).

Selain itu, Pandu menjelaskan bahwa sebenarnya, dia membawa masker kain penutup wajah. Hanya saja, ia menyimpannya di dalam kantong karena masker kainnya basah tersiram oleh pemadam kebakaran.

"Semua orang yang demo pasti pakai masker kain karena lebih takut kena gas air mata," ujar Pandu.

Pandu juga mengungkapkan bahwa saat itu, dia dan para pendemo memang tidak memikirkan, apalagi mencemaskan soal COVID-19. Sebab, perhatian mereka lebih dialihkan pada RUU Cipta Kerja.

"Kalo kita nggak turun untuk demo, suara kita nggak akan dipedulikan pemerintah," pungkasnya.



Simak Video "Demo Bisa Jadi Klaster, Satgas COVID-19: Masyarakat Harus Kreatif"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)