Senin, 12 Okt 2020 10:35 WIB

5 Wilayah di DKI Masuk Prioritas Penanganan COVID-19 Jokowi

Firdaus Anwar - detikHealth
Hotel U Stay di kawasan Mangga Besar menjadi salah satu lokasi isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta Pusat. Salah satu hotel di Jakarta yang jadi tempat isolasi pasien Corona. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ada 12 kabupaten/kota yang penanganan wabah Coronanya harus jadi prioritas. Ini karena 12 daerah tersebut diketahui memiliki lebih dari 1.000 kasus aktif virus Corona COVID-19.

Daerah yang jadi prioritas Jokowi adalah Kota Ambon, Kota Padang, Kota Jayapura, Pekanbaru, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Bogor, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

"Saya juga minta dalam dua minggu ke depan prioritaskan untuk 12 kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif lebih dari 1.000 yang menyumbang 30 persen dari total kasus aktif nasional," kata Jokowi dalam rapat yang disiarkan oleh Sekretariat Kabinet, Senin (12/10/2020).

Untuk menekan kasus baru Jokowi berpesan agar terus menyuarakan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Selain itu diharapkan jumlah pengujian, pelacakan, dan penanganan COVID-19 semakin ditingkatkan.

Jokowi secara umum mengapresiasi penanganan wabah virus Corona di Indonesia yang sudah lebih baik dilihat dari rata-rata angka kesembuhan yang mencapai 76,8 persen, lebih baik dari rata-rata angka kesembuhan dunia yang disebut sekitar 75 persen.

"Kita juga sudah bisa menekan angka rata-rata kematian, meski masih di atas (rata-rata) dunia di 3,55 persen. Ini lebih baik dibandingkan dua minggu lalu yang berada di angka 3,77 persen," ungkapnya.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)