Rabu, 14 Okt 2020 19:10 WIB

Anak Alami Gejala Mirip COVID-19, Ini Langkah Penanganan Saran Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sick little asian girl wiping or cleaning nose with tissue on her hand Foto: iStock
Jakarta -

Sebagai orang tua tentu tak ingin melihat anaknya terkena COVID-19. Namun, jika anak mengalami gejala-gejala yang mirip dengan penyakit tersebut, apa yang harus dilakukan?

Menurut dokter spesialis anak dari RSUD Jati Padang, dr Charles, MSc, SpA, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika anak mengalami gejala mirip COVID-19, seperti batuk dan pilek.

Namun, perlu diketahui terlebih dahulu apakah sebelumnya anak pernah melakukan kontak erat dengan orang yang terduga atau terkonfirmasi positif COVID-19 atau tidak.

"Di era pandemi seperti ini tentunya yang pertama kali kita tanyakan faktor risikonya terlebih dahulu, apakah anak ada terpapar oleh orang-orang yang terkonfirmasi atau suspek?" ucap dr Charles dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Rabu (14/10/2020).

"Tentunya kecurigaan kita menjadi kuat untuk melakukan tindakan diagnostik lanjutan," tambahnya.

Para orang tua tidak perlu terlalu panik jika anaknya mengalami gejala mirip COVID-19 agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan baik. "Dikit-dikit batuk pilek pemeriksaannya langsung swab, jadi pemeriksaannya berlebihan, padahal anak ternyata masih sehat-sehat saja," ujar dr Charles.

dr Charles menjelaskan, gejala COVID-19 pada anak memang tidak terlalu spesifik. Terlebih batuk dan pilek adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak.

"Jadi kita harus memilah-memilih mana yang harus kita lakukan, tindakan lebih lanjut tata laksana yang harus kita laksanakan," tuturnya.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)