Kamis, 15 Okt 2020 12:01 WIB

Heboh Prajurit LGBT, Ini Pengertian Berbagai Istilah di Dalamnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi LGBT, LGBT, Gay, sex, lesbian, transgender (Andhika-detikcom) Prajurit LGBT dipecat. (Foto: ilustrasi LGBT (Andhika-detikcom))
Jakarta -

Heboh prajurit dipecat dari tugasnya karena terbukti melakukan hubungan seksual sesama jenis. Hal ini terjadi pada Praka P dan Pratu H.

Pengadilan Militer II-10 Semarang memecat Praka P sebagai prajurit TNI karena telah terbukti melakukan hubungan seks sesama jenis. Selain itu, ia juga dihukum 1 tahun penjara dan dipecat dari dinas militer.

Seorang prajurit lainnya juga dipecat dari Pengadilan Militer II-09 Bandung karena hubungan sesama jenis yang dilakukan berulang kali dengan sesama anggota TNI.

Melihat kasus ini, TNI akan menerapkan sanksi tegas terhadap prajurit yang lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Sanksinya diproses hukum dan pemecatan dari dinas militer secara tidak hormat.

"TNI menerapkan sanksi tegas terhadap oknum prajurit TNI yang terbukti melakukan pelanggaran hukum kesusilaan, termasuk di antaranya LGBT," ujar Kabid Penum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil dalam keterangan tertulis, Kamis (15/10/2020).

LGBT merupakan singkatan dari Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender. Dikutip dari berbagai sumber, berikut pengertian berbagai istilah tersebut.

1. Lesbian

Lesbian termasuk ke dalam orientasi seksual homoseksual atau penyuka sesama jenis. Istilah ini lebih mengarah kepada wanita yang memiliki ketertarikan sesama wanita.

2. Gay

Hampir sama dengan lesbian, gay ini juga termasuk homoseksual yang menyukai sesama jenis. Tetapi, umumnya istilah gay lebih banyak dipakai pada pria yang memiliki ketertarikan pada pria juga.

3. Biseksual

Biseksual merupakan seseorang yang memiliki ketertarikan yang sama kuat pada pria dan wanita. Baik secara emosional, intelektual, atau seksual. Hal ini bisa terjadi pada dua orang di saat bersamaan atau berlainan waktu.

4. Transgender

Transgender adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki identitas atau ekspresi gender (maskulin, feminin, dan lainnya) yang berbeda dari jenis kelaminnya (pria dan wanita) saat lahir.

Misalnya meski berjenis kelamin pria, ia merasa dirinya adalah seorang wanita. Kaum transgender ini merasa dirinya lahir di tubuh yang salah.



Simak Video "Begini Atasi Pertanyaan "Kapan Nikah?" "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)