Jumat, 16 Okt 2020 18:24 WIB

Batuk-batuk Saat Pidato, Presiden China Xi Jinping Terinfeksi Corona?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Chinese President Xi Jinping speaks at an event marking the 40th anniversary of Chinas reform and opening up at the Great Hall of the People in Beijing, China December 18, 2018. REUTERS/Jason Lee Presiden China Xi Jinping (Foto: REUTERS/Jason Lee)
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping tengah ramai dibicarakan. Hal ini disebabkan saat berpidato Xi Jinping batuk-batuk.

Kondisi ini memicu munculnya spekulasi tentang kesehatannya saat ini. Banyak yang berspekulasi bahwa Xi Jinping mungkin terinfeksi virus Corona.

Hal ini menjadi pemberitaan di media lokal Hong Kong yang mengkritik pemerintah Beijing, Apple Daily. Media tersebut memuat judul 'Xi Jinping batuk-batuk saat di acara Shenzhen', dan sempat sesekali minum air.

Dikutip dari Newsweek, Presiden Xi ini mulai batuk selama tujuh menit terakhir. Bahkan ia batuk sebanyak empat kali dalam tiga menit.

Sebelumnya, sejumlah tokoh besar seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump hingga Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga dikabarkan terinfeksi virus Corona. Ini membuktikan bahwa para pemimpin besar pun tidak kebal terhadap virus Corona.

Namun, mengutip Wionews, China dikenal sebagai negara yang tidak transparan. Presiden Xi sebelumnya sempat dua kali menghilang dari pandangan publik, saat virus Corona pertama kali menyebar.

Kemudian saat muncul kembali, Presiden Xi tidak menggunakan masker. Hal ini dilakukannya untuk membuktikan bahwa China sudah berhasil mengalahkan virus Corona.

Bahkan ia mencabut lockdown dan mengizinkan pesta biliar. Keputusannya itu mungkin menjadi bumerang dan menyebabkan dirinya batuk-batuk saat ini.

Di China, semua orang menganggap virus Corona yang melanda sejak akhir 2019 lalu sudah berhasil mereka kalahkan. Mereka juga merasa kebal karena pihak pemerintah terus menyuntik warganya dengan vaksin yang masih diragukan efektif atau tidak dan mencabut kebijakan lockdown di sana.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)