Jumat, 16 Okt 2020 19:25 WIB

Pentingnya Imunisasi bagi Keluarga & Lingkungan Sekitar

Inkana Putri - detikHealth
Sejumlah siswa SD di Tangerang disuntik vaksin untuk cegah penyakit campak dan rubella. Tak sedikit anak-anak yang teriak hingga menangis saat akan disuntik. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal penting. Selain menerapkan pola hidup sehat, mencegah penyakit dengan melakukan imunisasi merupakan langkah paling cost effective dengan hasil yang ampuh.

Aktivitas kehidupan zaman modern yang padat serta gaya hidup yang cenderung tidak sehat sedikit banyak mempengaruhi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Ketika imunitas menurun, tubuh otomatis rentan sakit.

"Upaya tetap sehat, salah satunya melalui imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh," ujar dr. Purnamawati Sujud dari Yayasan Orang Tua Peduli dalam keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Forum Dialog Kabar Kamis bertema 'Mengapa Vaksin Penting? Perlukah untuk Orang Dewasa?' yang digelar di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) kemarin.

Dr. Purnamawati mengimbau agar masyarakat sebaiknya mencegah terinfeksi penyakit dengan imunisasi. Selain cost effective, imunisasi juga disebut mampu memberikan hasil yang ampuh.

"Mencegah itu jauh lebih baik dan lebih murah daripada mengobati," tuturnya.

Terkait hal ini, ia juga menegaskan manfaat imunisasi bukan hanya dirasakan oleh yang menerima, tetapi juga keluarga dan lingkungan sekitarnya. Bahkan, dr. Purnamawati mengatakan imunisasi merupakan bukti cinta dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, termasuk keluarga.

"Imunisasikan diri anda, keluarga, serta lingkungan. Dan apabila ada pengetahuan maka berbagilah dan mari bekerja bergandengan tangan," pungkasnya.



Simak Video "Ini Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)