Minggu, 18 Okt 2020 17:53 WIB

Senin KRL Mulai Normal, Ingat Lagi Protokol Kesehatan di Transportasi Umum

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Antrean penumpang terjadi di Stasiun Bekasi, Jawa Barat. Antrean mengular karena adanya pembatasan jumlah penumpang di setiap rangkaian kereta. Jadwal KRL kembal normal, ingat lagi protokol kesehatan di transportasi umum. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Mulai besok, Senin (19/10/2020), jam operasional KRL kembali normal lagi seperti sebelum pandemi COVID-19, yakni mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB.

"Pilihan jadwal keberangkatan dengan jadwal yang kembali normal ini membuat para pengguna memiliki lebih banyak pilihan untuk jadwal keberangkatan sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk masuk ke dalam kereta yang telah penuh karena khawatir tertinggal jadwal kereta terakhir," tulis VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba dalam rilis yang diterima detikcom.

Meski begitu, protokol kesehatan di KRL tetap diterapkan. Kapasitas pun masih dibatasi yaitu 74 orang per kereta atau 40 persen dari kapasitas pengguna KRL. Apa saja protokol lain yang perlu diterapkan saat di KRL?

1. Pengguna KRL wajib pakai masker, tidak boleh mengenakan masker scuba atau buff.

2. Pengguna KRL wajib terapkan jaga jarak sesuai marka yang tertera. Jika kondisinya padat, petugas akan menerapkan sistem buka tutup di luar stasiun.

3. Pengguna KRL disarankan untuk melakukan transaksi nontunai

4. Anak yang berusia kurang dari lima tahun atau balita dilarang naik KRL untuk sementara waktu.

5. Untuk penumpang lanjut usia atau lansia, hanya diizinkan naik KRL di luar jam sibuk, yaitu pada pukul 10.00-14.00 WIB

6. Balita dan lansia yang naik KRL karena keperluan mendesak, seperti perawatan rutin ke rumah sakit, harus melapor terlebih dahulu ke petugas stasiun

7. Para pedagang dengan barang bawaan yang banyak tidak boleh naik KRL di saat jam sibuk

8. Setiap penumpang tidak diizinkan berbicara secara langsung atau melalui telepon seluler selama di dalam kereta

9. Wajib untuk pakai jaket atau baju lengan panjang selama naik KRL

10. Disarankan untuk memakai face shield

11. Disarankan untuk mengenakan pakaian lengan panjang.



Simak Video "Tips dr Reisa Agar Aman Naik KRL saat Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)