Senin, 19 Okt 2020 17:01 WIB

Kisah Wanita Pengemudi Bus Ambulans Darurat Pasien Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi ambulans. Foto: Istock
Jakarta -

Neelam Singh sehari-hari biasa bekerja sebagai pengemudi bus untuk anak sekolah di Mumbai, India. Tidak ada yang menyangka pekerjaan yang sudah ditekuninya selama 18 tahun ini berubah drastis di tahun 2020 ketika pandemi virus Corona COVID-19 menyerang dunia.

Kepada BBC, Neelam bercerita bahwa saat COVID-19 menyerang otoritas setempat kewalahan. Ambulans yang ada tidak cukup untuk mengantar-jemput pasien yang bertambah banyak hingga akhirnya bus sekolah dimanfaatkan sebagai ambulans darurat.

"Ketika kami diberitahu bus sekolah akan digunakan untuk mengantar pasien COVID-19, saya bilang 'oke'. Artinya kita bisa membantu masyarakat sekaligus bekerja," kata Neelam seperti dikutip pada Senin (19/10/2020).

Neelam tahu pekerjaannya yang baru ini termasuk berisiko tinggi. Namun ia berkeyakinan untuk membantu para pasien yang membutuhkan pertolongan.

"Ada pasien yang dia tidak punya siapa-siapa. Jadi setiap saya menjemput ke rumah sakit atau mengantarkan pulang ke rumah, mereka mengucapkan terima kasih. Rasanya menyenangkan. Hal-hal kecil seperti ini adalah momen yang tidak terlupakan," ungkapnya.

Neelam mengaku pada akhirnya ia terinfeksi COVID-19 yang lalu menular ke keluarga. Ia menjalani masa isolasi hingga akhirnya dinyatakan sembuh.

Keluarga sempat meminta Neelam berhenti menjadi sopir bus pasien COVID.

"Setelah sembuh keluarga menyarankan agar saya tidak melanjutkan pekerjaan ini. Tapi saya bilang, justru karena saya sudah kena artinya tidak ada alasan lagi untuk berhenti. Besoknya saya kembali bekerja," pungkas Neelam.



Simak Video "Corona Diprediksi Bisa Tingkatkan Kasus Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)