Rabu, 21 Okt 2020 11:17 WIB

Lebih dari 100 Orang Terinfeksi COVID-19 dari Klaster Resepsi Pernikahan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Two couple have bouquet at the sunset beach Lebih dari 100 orang tertular COVID-19 dari klaster pernikahan. (Foto ilustrasi: Getty Images/kyonntra)
Jakarta -

Lebih dari 100 orang dilaporkan tertular COVID-19 saat menghadiri resepsi pernikahan. Total ada 300 orang yang hadir pada resepsi tersebut.

"Sekitar 300 orang menghadiri pernikahan 3 Oktober aktor sinetron dan putri seorang pengusaha," kata sekretaris kesehatan negara bagian Baja California, Alonso Oscar PĂ©rez Rico, Senin, dikutip dari AFP.

Menurutnya, resepsi pernikahan ini tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Para tamu disebut tidak mengenakan masker dan tidak ada pemeriksaan suhu dalam resepsi tersebut.

Selain itu, resepsi pernikahan COVID-19 ini tidak mendapati izin dari pihak berwenang setempat. Kini, pihak berwenang setempat tengah menyelidiki apakah ada yang menghadiri acara resepsi saat terkonfirmasi positif COVID-19 dan sengaja menularkan virus.

Jika benar begitu, hal ini termasuk tindak kejahatan dan perlu ditindak lanjut.

"Foto-foto yang dimuat di media lokal menunjukkan para tamu pernikahan menari bersama tanpa masker," demikian informasi yang disampaikan pihak berwenang setempat.

Wilayah ini telah mencatat hampir setengah dari 21.800 kasus virus Corona di negara bagian Baja California. Secara nasional, Meksiko telah mencatat hampir 1 juta kasus yang dikonfirmasi dan sekitar 86.300 kematian.

Para pejabat khawatir lebih banyak infeksi COVID-19 yang dipicu oleh perayaan karena melibatkan orang banyak. Beberapa otoritas lokal mengatakan mereka akan mencegah atau membatasi pertemuan yang melibatkan orang banyak.



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)