Kamis, 22 Okt 2020 14:34 WIB

Bumil Perlu Tahu! Ini Lho 5 Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
In the Hospital Woman Giving Birth Support, Obstetricians Assisting. Modern Delivery Ward with Professional Midwives Tanda melahirkan sudah dekat (Foto: Getty Images/Martinns)

Untuk mencegah terjadinya proses persalinan yang berbahaya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu melancarkan persalinan:

1. Makan makanan yang bergizi

Makan seperti makan segar seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan makan sayuran atau buah memberikan kecukupan vitamin dan mineral daripada makanan olahan dan berpengawet.

2. Timbang berat badan

Penambahan berat badan normalnya adalah 8-12 kg kecuali pada keadaan obesitas (berat badan berlebih) dan KEK (kekurangan energi kronis). Bila berat tidak diatur akan mempengaruhi ke berat bayi dan bunda sehingga mempersulit persalinan.

3. Olahraga

Jelang persalinan, ibu hamil dapat melakukan yoga atau senam antenatal, serta jalan pagi. Yoga maupun senam antenatal merupakan latihan untuk melenturkan otot-otot dasar panggul dan jalan pagi merupakan latihan untuk memperlancar sirkulasi.

Selain itu, di masa pandemi COVID-19 ibu hamil penting melakukan rapid sebelum melakukan persalinan. Bila hasil tes rapid negatif, persalinan dapat dilakukan di puskesmas atau bidan. Tetapi, bila hasil rapid positif, harus melakukan persalinan di rumah sakit dengan fasilitas pendukung COVID-19. Hal ini penting untuk pencegahan penyakit kepada bayi yang baru lahir.

Halaman
1 2 3 4 Tampilkan Semua


Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)