Kamis, 22 Okt 2020 14:37 WIB

Ini Daerah yang Bakal dapat Vaksin COVID-19 Pertama Kali

Ayunda Septiani - detikHealth
Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020). Mural yang dibuat oleh warga itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker sebagai salah satu  pencegahan dan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww. Ini daerah yang bakal dapat vaksin Corona pertama. (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengungkap daerah mana saja yang akan mendapat vaksin Corona COVID-19 jika sudah tersedia.

"Pertama dalam roadmap atau vaksinasi akan ditentukan. Tetapi kita ada daerah-daerah yang zona merah. Daerah dengan zona merah penularannya terbesar seperti Sumatera Utara, Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan," papar Airlangga dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

"Dan ada tiga daerah khusus yaitu, Aceh, Papua, dan Papua Barat," tambahnya.

Selain itu, Airlangga mengingatkan kepada masyarakat untuk hati-hati dalam menghadapi libur panjang yang akan dihadapi. Untuk selalu gunakan masker, karena saat ini masker yang paling efektif untuk mencegah penularan Corona.

"Yang paling efektif untuk mencegah adalah menggunakan masker. sambil menunggu vaksin, menggunakan masker itu perlindungan utama," lanjutnya.

Kandidat penerima vaksin gratis

Dikutip dari laman resmi maritim.go.id, jika vaksin sudah tersedia, Menkes Terawan Agus Putranto akan memprioritaskan vaksin Corona COVID-19 pada kelompok tenaga kesehatan, pelayanan publik, TNI atau Polri, dan seluruh tenaga pendidik.

Menkes Terawan juga menegaskan bahwa para garda terdepan dan yang tidak mampu secara ekonomi akan dibayarkan vaksinnya oleh pemerintah, termasuk di dalamnya masyarakat peserta Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan.

"Mereka yang di garda terdepan dan peserta Penerima Bantuan Iuran alias PBI dalam BPJS Kesehatan akan ditanggung biaya vaksinnya oleh pemerintah," ujar Menkes Terawan.



Simak Video "Pondasi Utama Pecegahan Corona Sebelum Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)