Sabtu, 24 Okt 2020 06:57 WIB

Batik 'Corona' Achmad Yurianto yang Fenomenal

Ayunda Septiani - detikHealth
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB) Achmad Yurianto dengan kemeja motif 'batik corona' yang ternyata motif 'HIV-AIDS' (dok. BNPB)
Jakarta -

Mantan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto sempat dikenal dengan koleksi baju batiknya. Salah satu motif yang fenomenal adalah 'batik corona' yang beberapa kali dikenakannya semasa menjadi juru bicara Gugus Tugas COVID-19.

Motif tersebut ramai disebut 'batik corona' karena sesuai penggambaran bentuk virus Corona SARS-CoV-2, yakni lingkaran bermahkota. Namun saat dikonfirmasi, rupanya batik tersebut adalah koleksi lama ketika belum ada SARS-CoV-2. Lalu gambar virus apakah itu?

"Kenapa kok rame? Itu batik setahun lalu waktu ada peringatan hari HIV-AIDS," kata pria yang akrab disapa Yuri tersebut, saat dihubungi detikcom saat itu.

Sejumlah perajin asal Bandung berkreasi dengan memproduksi motif batik Virus Corona. Motif itu digambarkan pada kain yang akan dijadikan baju atau masker wajah.Motif batik corona memang ada. Sejumlah perajin asal Bandung berkreasi dengan memproduksi motif batik Virus Corona. Motif itu digambarkan pada kain yang akan dijadikan baju atau masker wajah. Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI

Jika diamati lebih detail, memang ada motif pita merah di batik yang ramai disebut 'batik corona' tersebut. Lambang pita merah dipakai dalam kampanye HIV-AIDS.

"Itu kan ada lambang merahnya. Ada lambang HIV," katanya.

Yuri saat ini tidak lagi menjabat sebagai Dirjen P2P Kemenkes. Per Jumat (23/10/2020), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melantiknya menjadi Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi. Menurut Menkes Terawan, rotasi jabatan merupakan hal biasa dalam lingkup organisasi.

Sementara itu, nama Achmad Yurianto saat ini ada dalam daftar 184 pendaftar yang lolos seleksi administrasi Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tahun 2021-2026 dari unsur pemerintah. Terdaftar dengan nomor registrasi K-WAS-I-01/02-00810, status pekerjaan ASN Kementerian Kesehatan.



Simak Video "Achmad Yurianto Diangkat Jadi Staf Ahli Menkes"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)