Minggu, 25 Okt 2020 14:45 WIB

Tips Liburan Aman dari Corona: Cek Zonasi Risiko dan Protokol Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Bandara Tips liburan aman di tengah pandemi COVID-19 (Foto: Thinsktock)
Jakarta -

Menjelang libur panjang (long weekend) di akhir bulan Oktober, sebagian orang mungkin punya rencana untuk bepergian ke tempat wisata bersama keluarga. Terkait hal tersebut Satgas COVID-19 mengingatkan agar hati-hati karena pandemi virus Corona COVID-19 belum selesai.

Cara terbaik liburan sambil menghindari ancaman virus Corona ini sebetulnya adalah dengan di rumah saja. Bila memang harus bepergian maka menurut Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, harus benar-benar direncanakan secara matang.

Pertama mulai dari menentukan tempat liburan. Cek zonasi risiko ancaman COVID-19 di lokasi yang akan didatangi.

"Kita harus tahu kita pergi ke mana. Kalau kita berada di kabupaten atau kota zona hijau itu aman tidak ada kasus COVID-nya. Kita mau pergi ke zona merah? Sebaiknya dihindari karena mau apapun kita ke sana punya risiko tinggi untuk tertular COVID-19," kata dr Miko dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB dan dikutip Minggu (25/10/2020).

Tidak lupa juga wajib menerapkan protokol kesehatan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Protokol kesehatan ini diterapkan oleh tiap individu maupun pengelola tempat wisata.

Hindari tempat wisata yang terlalu ramai sehingga menimbulkan kerumunan.

"Kalau perlu ditambah dengan face shield," lanjut dr Miko.



Simak Video "Mari Liburan Aman dengan Menghindari Tempat Wisata Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)