Minggu, 25 Okt 2020 17:52 WIB

Pakar: Vaksin COVID-19 Baru Ada Kepastian Desember, Tersedia Luas 2021

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Vaccines / Health Care Concept Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Pakar penyakit menular Amerika Serikat Anthony Fauci menyebut keamanan dan efektivitas vaksin COVID-19 baru ada kepastian awal Desember. Vaksinasi secara luas kemungkinan baru bisa dilakukan 2021.

"Kita akan tahu apakah vaksin aman dan efektif akhir November, awal Desember," katanya kepada BBC, dikutip dari Reuters, Minggu (25/10/2020).

"Saat Anda bicara tentang vaksinasi untuk jumlah yang substansial dari populasi, sehingga bisa mendapatkan impact signifikan pada dinamika wabah, sangat mungkin tidak ada sampai perempat kedua atau ketiga tahun ini," katanya.

Sementara itu, salah satu produsen vaksin COVID-19, AstraZeneca, telah melanjutkan uji klinisnya di Amerika Serikat. Uji klinis di negara tersebut ditangguhkan pada 6 September 2020 menyusul laporan adanya relawan yang mengalami penyakit neurologis, diyakini sebagai transverse myelitis.

Produsen vaksin COVID-19 lain yang juga menangguhkan uji klinisnya, Johnson & Johnson, akan melanjutkan kembali uji klinis pada Senin atau Selasa. Uji klinis Johnson & Johnson ditangguhkan setelah ada seorang partisipan jatuh sakit.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)