Senin, 26 Okt 2020 05:04 WIB

Terungkap! Ini yang Sering Bikin Tubuh Pegal-pegal Saat Bangun Tidur

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Wake up woman - close up image woman legs in bedroom Penyebab pegal-pegal saat bangun tidur (Foto: iStock)
Jakarta -

Bangun pagi dengan badan sehat dan bugar menjadi salah satu cara mendapatkan good mood untuk menjalani aktivitas. Sayangnya, alih-alih ingin bangun dengan kondisi sehat, kadang-kadang kita bangun dengan kondisi tubuh yang nyeri dan pegal.

Rasa nyeri dan pegal sering kali dikaitkan dengan posisi tidur yang salah atau bantal yang tak nyaman. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Manchester University yang diterbitkan dalam journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology, rasa nyeri dan pegal saat bangun tidur disebabkan adanya peradangan.

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut rheumatoid arthritis (RA). Rheumatoid arthritis merupakan peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian contohnya di kaki dan tangan.

"Pada malam hari tingkat inflamasi turun, namun secara bertahap bangkit pada pagi hari," ucap peneliti Julie Gibbs, dari Manchester University. Dikutip dari Runners World.

Gibbs juga mengatakan bahwa tubuh menghasilkan protein spesifik yang dapat mengurangi tingkat peradangan akibat RA ini. Protein yang bernama cryptochrome ini paling banyak diproduksi ketika seseorang mengikuti jam sirkadian tubuh

Oleh karena itu, dengan mengetahui ritme sirkadian tubuh bisa sekaligus mengurangi rasa nyeri akibat rheumatoid arthritis.



Simak Video "Capek Duduk di Kantor? Lakukan Dulu 5 Peregangan Berikut!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)