Senin, 26 Okt 2020 05:30 WIB

Ilmuwan AS Yakini Aman-Tidaknya Vaksin Corona Baru Bisa Dipastikan November

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Female doctor holding a syringe Virus Corona COVID-19 (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sejumlah kandidat vaksin COVID-19 di berbagai negara sudah memasuki tahap akhir uji klinis. Namun ilmuwan Amerika Serikat mengisyaratkan hasil uji klinis baru bisa dipastikan akhir tahun.

"Kita akan tahu apakah vaksin aman dan efektin pada akhir November, awal Desember," kata Anthony Fauci, direktur US National Institute of Allergy and Infectious Diseases, kepada BBC dalam program Andrew Marr Show, Minggu (25/10/2020).

Fauci juga memperkirakan, vaksin belum akan tersedia luas tahun ini. Masih harus menunggu beberapa bulan lagi, yang artinya baru akan bisa didapatkan pada 2021.

Uji klinis beberapa kandidat vaksin COVID-19 sejauh ini diwarnai berbagai tantangan. AstraZeneca baru saja melanjutkan lagi uji klinis vaksin di AS setelah sempat dihentikan karena salah seorang partisipan mengalami masalah neurologis.

Kondisi serupa juga dialami produsen vaksin COVID-19 lainnya, Johnson & Johnson. Uji klinis vaksin dari perusahaan ini baru akan dilanjutkan lagi setelah seorang partisipan jatuh sakit.



Simak Video "Relawan Ceritakan Efek Samping yang Dialami dari Vaksin Pfizer"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)