Senin, 26 Okt 2020 07:19 WIB

Tak Alami Gejala, Berapa Lama Ronaldinho Bisa Sembuh dari COVID-19?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JANUARY 24: Former Brazilian National Football team player Ronaldinho smiles as he arrives for the Copa America 2019 Official Draw at Cidade das Artes on January 24, 2019 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Bruna Prado / Getty Images) Ronaldinho positif COVID-19. (Foto: Bruna Prado / Getty Images)
Jakarta -

Legenda hidup sepabola dari Brasil, Ronaldinho, mengumumkan dirinya positif terinfeksi virus Corona COVID-19 pada Minggu (25/10/2020).

Saat itu ia sedang berada di Belo Horizonte, Brasil, untuk menghadiri suatu acara, namun ia dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan tes. Ronaldinho pun mengaku tidak mengalami gejala apapun.

"Saya sudah berada di Belo Horizonte sejak kemarin. Saya datang ke sebuah event," kata Ronaldinho.

"Saya menjalani tes dan dinyatakan positif COVID. Saya baik-baik saja, tanpa gejala, tapi kami harus meninggalkan acaranya. Kita akan berjumpa lagi nanti. Peluk erat," ujarnya.

Meski tak mengalami gejala, Ronaldinho tetap dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri agar tidak menularkan COVID-19 ke orang lain. Namun, berapa lama Ronaldinho bisa sembuh?

Menurut sebuah studi di Jepang, pasien COVID-19 tanpa gejala bisa pulih dalam waktu sembilan hari.

Dalam studi tersebut, para peneliti melihat bagaimana perkembangan virus Corona pada 90 orang pasien COVID-19 tanpa gejala di kapal pesiar Diamond Princess.

Hasilnya, hampir setengah dari mereka pulih dalam waktu sembilan hari setelah tes pertama dan sebagian lainnya sembuh dalam 15 hari.

"Awalnya partikel virus mungkin muncul setelah enam hari, tetapi kemungkinan pasien (tanpa gejala) akan terbebas dari virus setelah delapan hingga 10 hari," tulis peneliti, dokter, sekaligus profesor Fujita Health University, Yohei Doi yang dikutip dari laman The Japan Times.



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)