Selasa, 27 Okt 2020 05:24 WIB

Sering Ngulet di Pagi Hari? Ini 6 Manfaatnya bagi Kesehatan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Just five more minutes Ngulet saat bangun tidur (Foto: Getty Images)

4. Memacu kemampuan kognitif

Menurut American College of Sports Medicine, peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak. Ketika aliran darah lancar, tingkat konsentrasi serta ketajaman pancaindra pun akan semakin tinggi.

5. Melepas stres

Sebuah studi yang menganalisis mengenai kebiasaan ngulet dengan tingkat stres menemukan bahwa mengulet bisa membantu mengusir stres. Tak hanya itu, ngulet juga membantu untuk mengurangi ketegangan atau gugup. Ketika mengulet, tubuh memproduksi zat endorfin yang akan memicu rasa senang dan pikiran yang positif. Selain itu, setelah ngulet juga akan terasa lebih berstamina untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesibukan harian.

6. Meredakan nyeri sendi

American Council on Exercise (ACE) dalam penelitiannya menunjukkan bahwa ngulet pada pagi hari bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada otot dan sendi. Rasa sakit dan nyeri bisa berkembang setiap saat sepanjang hari, tetapi lebih sering terjadi pada pagi hari setelah tubuh beristirahat dalam jangka waktu lama.

Kondisi tersebut terjadi akibat peningkatan cairan di sendiri dan tulang belakang cakram selama tidur semalaman, saat tubuh tidur dalam posisi horizontal. Karenanya, disarankan untuk melakukan peregangan lembut untuk menghangatkan tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan sendi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "2.000 Tempat Tidur Tambahan Disiapkan untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)