Rabu, 28 Okt 2020 11:15 WIB

Peneliti Ungkap Gejala COVID-19 yang Bisa Dilihat dari Mata, Ini Cirinya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Beautiful blond woman with painted eye Peneliti ungkap gejala COVID-19 pada mata, ini cirinya. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Semakin banyak pasien COVID-19 mengeluhkan gejala beragam. Tak hanya demam, batuk, atau sesak napas, gejala COVID-19 tak biasa kerap dilaporkan beberapa studi.

Dikutip dari The Sun, studi terbaru mengungkap konjungtivitis bisa menjadi gejala COVID-19, gejala ini dilihat dari kondisi mata. Gejala COVID-19 ini berkaitan dengan risiko masuknya virus Corona melalui mata.

"Studi terbaru menunjukkan bahwa konjungtivitis bisa menjadi manifestasi dari COVID-19," ungkap studi yang dimuat dalam Wiley Online Library terkait konjungtivitis dan COVID-19.

"Karena mata dapat dianggap sebagai portal masuk potensial langsung untuk virus, maka menarik untuk menganalisis hubungan antara konjungtivitis dan tingkat keparahan COVID-19," lanjut para peneliti.

Bagaimana kaitan antara COVID-19 dengan konjungtivitis?

Gejala COVID-19 konjungtivitis yang dialami pasien disebut peneliti menjadi tanda atau tingkat keparahan pasien Corona saat terpapar. Gejala khas konjungtivitis sendiri biasanya bisa dilihat dari mata yang memerah dan terasa terbakar.

"Sebagai kesimpulan, hasil meta-analisis ini menunjukkan bahwa konjungtivitis mungkin merupakan tanda infeksi COVID-19 yang terkait dengan bentuk penyakit yang lebih parah," jelas peneliti.

Deretan tanda gejala COVID-19 yang berkaitan dengan konjungtivitis bisa dilihat dari kondisi mata seperti berikut.

  • Mata merah
  • Perasaan terbakar atau berpasir
  • Keluarnya cairan dari satu atau kedua mata
  • Nanah yang menempel di bulu mata
  • Rasa gatal dan kemerahan.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)