Rabu, 28 Okt 2020 17:12 WIB

Gejala COVID-19 Bisa Terlihat dari Mata, Apa Ciri-cirinya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus Corona terbaru atau Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab COVID-19 memang berbahaya. Tapi tampilannya di bawah mikroskop bisa sangat bertolak belakang. Ilustrasi virus Corona. (Foto ilustrasi: NIAID)
Jakarta -

Saat seseorang terinfeksi COVID-19, berbagai gejala bisa muncul di tubuh. Di beberapa studi, gejala COVID-19 bisa terlihat dari kondisi mata.

Dikutip dari Express UK, ilmuwan China mengklaim bahwa virus Corona bisa menular dari mata, salah satunya mata berair yang ditemukan pada Februari 2020 lalu.

Dari 12 pasien COVID-19, tujuh di antaranya memproduksi lebih banyak air mata daripada biasanya yang disebut sebagai epifora. Kondisi ini menyebabkan mata merah, pegal, penglihatan kabur, hingga rasa sakit yang tajam di mata, meskipun belum tentu karena virus Corona.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan 30 persen pasien COVID-19 mengalami gangguan konjungtivitis atau peradangan mata.

Hal ini juga selaras dengan studi terbaru yang dimuat dalam Wiley Online Library, yang terkait dengan konjungtivitis dan COVID-19. Hal ini berkaitan dengan risiko masuknya virus Corona melalui mata.

"Studi terbaru menunjukkan bahwa konjungtivitis bisa menjadi manifestasi dari COVID-19," jelas peneliti dalam studi tersebut yang dikutip dari The Sun.

"Karena mata bisa dianggap sebagai portal masuk potensial langsung untuk virus, maka menarik untuk menganalisis hubungan antara konjungtivitis dan tingkat keparahan COVID-19," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]