Kamis, 29 Okt 2020 10:47 WIB

Jejak Heiko Schoning di Internet Terkait Aliansi Dokter Dunia dan Corona

Rosmha Widiyani - detikHealth
aliansi dokter dunia Foto: detikHealth/Jejak Heiko Schoning di Internet Terkait Aliansi Dokter Dunia dan Corona
Jakarta -

Seluruh dunia kini masih berjuang menghadapi pandemi COVID-19 yang kasusnya terus mengalami peningkatan. Upaya pencegahan, riset obat, dan vaksin terus dilakukan demi menekan jumlah kasus.

Sayangnya di tengah kerja keras melawan COVID-19, ada saja pihak yang menyebarkan hoax yang berisiko menurunkan intensitas upaya menghadapi corona. Salah satunya yang mengatasnamakan aliansi dokter dunia dan Heiko Schoning.

"Kami semua mengatakan peristiwa COVID-19 ini tidaklah benar," ujar seorang pria yang menyatakan diri bernama Heiko Schoning dalam video viral yang beredar di YouTube.

Pernyataan tersebut jelas bertentangan dengan fakta jumlah kasus dan korban COVID-19 yang terus ada hingga kini. Pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak terus dilakukan demi menurunkan risiko penularan dan peningkatan kasus.

Berbagai upaya dilakukan demi menghapus konten hoax tersebut. Namun video yang menyebut World Doctors Alliance (WDA) dan Corona Extra-Parliamentary Inquiry Commit atau ACU masih mudah ditemukan di YouTube, WhatsApp, dan aplikasi lainnya.

Terlepas dari informasi hoax yang disebarkan, sosok Heiko Schoning bikin warganet penasaran. Apalagi informasi soal Heiko Schoning bisa dicari Google dengan keyword nama tersebut atau ditambah kata Germany.

Siapakah Heiko Schoning terkait aliansi dokter dunia dan COVID-19?

Jejak Heiko Schoning di internet tersedia dalam bahasa Inggris dan Jerman, dengan informasi spesifik lebih banyak tersedia dalam bahasa Jerman. Hal ini mungkin terkait dengan asal pria tersebut yang mengaku sebagai dokter.

"Saya adalah seorang dokter biasa dari Hamburg, Jerman. Saya adalah seorang ayah yang sama dengan orang tua lainnya," tulis Heiko Schoning dikutip dari situs ACU.

Aktivitas Heiko Schoning bisa dilihat di situs WDA dan ACU yang juga menyertakan video. Salah satu video di situs ACU berjudul Better Normal, not New Normal - World Doctors Alliance ditakedown YouTube karena dinilai melanggar aturan.

Heiko Schoning tampaknya telah lama aktif di internet dengan gagasan yang meragukan COVID-19. Dalam gagasan tersebut, Heiko Schoning dan kelompoknya meragukan informasi WHO terkait tingkat kematian akibat virus corona.

Badan kesehatan dunia tersebut sempat menyatakan tingkat kematian akibat virus corona adalah 3,4 persen, lebih tinggi daripada perkiraan awal di angka dua persen. Angka ini menjadi pengingat pentingnya melindungi diri dan sekitar dari virus corona.

Jejak Heiko Schoning juga bisa diketahui dari situs pemerintah Kota London di https://www.london.gov.uk/. Sebuah pertanyaan yang diajukan akun David Kurten pada Kamis (15/10/2020) terkait Heiko Schoning.

"Dr Heiko Schoning ditahan Met Police Teritorial Support Group di Speakers' Corner, Hyde Park, Sabtu (26/9/2020) sore. Saat itu dia sedang berbicara pada kerumunan. Bisakah dijelaskan kenapa dia ditahan dan dengan tuduhan apa?" tulis akun tersebut.

Pertanyaan yang diajukan pada Wali Kota London ini dijawab akun The Mayor pada Jumat (16/10/2020). Dalam jawaban tersebut dijelaskan, Heiko Schoning masih dalam investigasi sehingga pemerintah dan anggota parlemen belum bisa memberi keterangan.

(row/erd)