Jumat, 30 Okt 2020 09:31 WIB

Tertinggi di Dunia, COVID-19 di AS Sudah Tembus 9 Juta Kasus

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sedikitnya empat truk berisi 60 mayat ditemukan di luar sebuah rumah duka di Brooklyn, New York, AS. Mereka adalah korban wabah COVID-19 yang merajalela. Total kasus COVID-19 di Amerika Serikat sudah melewati sembilan juta kasus. (Foto: AP/Craig Ruttle)
Jakarta -

Total kasus virus Corona COVID-19 di Amerika Serikat (AS) sudah melewati sembilan juta kasus. AS pun kini masih menjadi negara penyumbang kasus COVID-19 terbanyak di dunia.

Berdasarkan data worldometers, total kasus COVID-19 di AS sudah mencapai 9.212.546 kasus pada hari Jumat (30/10/2020).

Menurut laporan New York Times, AS mencatat rekor penambahan kasus baru COVID-19 pada Kamis (29/10/2020), yakni sebanyak 86.600 kasus dalam sehari.

Ahli epidemiolog dari University of Wisconsin-Milwaukee, Amanda Simanek, mengatakan ia belum pernah melihat lonjakan kasus COVID-19 sebanyak ini di negara lain. Simanek pun khawatir, jika tidak cepat ditangani, penyebaran virus Corona di AS akan semakin mudah saat musim dingin tiba.

"Pola penyebaran ini bisa terus terjadi jika kita tidak menekan infeksi hingga ke tingkat yang bisa kita kendalikan," ucap Simanek.

Sementara itu, mantan komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), Dr Scott Gottlieb, meyakini bahwa dalam waktu dekat AS akan mencatatkan kasus harian COVID-19 sebanyak 100.000 kasus per hari.

"Kami akan mengatasi 100.000 infeksi di beberapa titik dalam beberapa minggu mendatang, mungkin. Mungkin juga bisa dalam minggu ini, jika semua negara bagian melaporkan kasus dengan tepat waktu," kata Gottlieb, dikutip dari CNN.

Menurut Gottlieb, lonjakan kasus ini dikarenakan masih banyaknya warga AS yang kurang memperhatikan prokotokol kesehatan.

"Kenyataannya adalah saya pikir kita tidak akan mulai melihat perlambatan kasus sampai adanya perubahan perilaku di masyarakat dan sampai Anda melihat data mobilitas mulai menurun," jelasnya.

Selain itu, diketahui hingga saat ini sudah sebanyak 5.983.316 pasien COVID-19 di AS yang sudah dinyatakan sembuh. Sementara 234.177 pasien lainnya dilaporkan meninggal dunia.



Simak Video "Di Amerika, 1 Orang Mati Setiap 40 Detik Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)