Sabtu, 31 Okt 2020 06:59 WIB

7 Manfaat Daun Mint yang Nggak Disangka

Tim detikcom - detikHealth
Halaman 2 dari 3
1 3. Dapat Membantu Meredakan Gangguan Pencernaan
Mint leaves herb on dark stone table with copy space. Foto: iStock

3. Dapat Membantu Meredakan Gangguan Pencernaan

Mint mungkin juga efektif untuk meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut dan gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan dapat terjadi saat makanan berada di perut terlalu lama sebelum masuk ke saluran pencernaan lainnya.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan melewati perut lebih cepat ketika orang mengonsumsi minyak peppermint saat makan, yang dapat meredakan gejala dari jenis gangguan pencernaan ini.

Sebuah studi klinis pada orang dengan gangguan pencernaan menunjukkan bahwa kombinasi minyak peppermint dan minyak jintan yang diminum dalam kapsul memiliki efek serupa dengan obat untuk mengobati gangguan pencernaan. Hal ini membantu meredakan sakit perut dan gejala pencernaan lainnya.


Mirip dengan IBS, penelitian yang menyoroti daun mint untuk meredakan gangguan pencernaan menggunakan minyak peppermint, bukan daun segar atau kering.

4. Bisa Meningkatkan Fungsi Otak

Selain mengonsumsi mint, ada klaim bahwa menghirup aroma minyak esensial dari daun mint dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

Satu studi yang melibatkan 144 orang dewasa muda menunjukkan bahwa mencium aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum pengujian menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam memori.

Studi lain menemukan bahwa mencium minyak ini saat mengemudi meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan tingkat frustrasi, kecemasan, dan kelelahan.

Namun, tidak semua penelitian setuju bahwa minyak peppermint dapat bermanfaat bagi fungsi otak. Satu studi menemukan bahwa meskipun aroma minyak menyegarkan dan mengurangi kelelahan, itu tidak berpengaruh pada fungsi otak .

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membantu memahami cara kerjanya dan menyelidiki apakah peppermint benar-benar meningkatkan fungsi otak.

(nwy/pal)