Sabtu, 31 Okt 2020 06:59 WIB

7 Manfaat Daun Mint yang Nggak Disangka

Tim detikcom - detikHealth
Halaman 3 dari 3
2 5. Dapat Mengurangi Nyeri Menyusui
Green fresh mint om the wooden table, selective focus Foto: Thinkstock

5. Dapat Mengurangi Nyeri Menyusui

Ibu menyusui biasanya mengalami luka pada puting susu dan pecah-pecah, yang dapat membuat menyusui menjadi menyakitkan dan sulit.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengoleskan mint pada kulit dapat membantu meredakan nyeri yang terkait dengan menyusui.

Dalam penelitian ini, ibu menyusui mengoleskan berbagai bentuk mint ke area sekitar puting susu setelah menyusui. Biasanya, mereka menggunakan minyak esensial sendiri atau dicampur dengan gel atau air.

Satu studi menunjukkan bahwa mengoleskan air peppermint setelah menyusui lebih efektif daripada mengoleskan ASI dalam mencegah puting dan retakan areola, yang menghasilkan lebih sedikit nyeri pada puting.

Studi lain juga menunjukkan bahwa hanya 3,8% ibu yang menggunakan gel peppermint mengalami retakan pada puting susu, dibandingkan dengan 6,9% pada mereka yang menggunakan lanolin dan 22,6% dari mereka yang menggunakan plasebo.

Selain itu, sebuah penelitian tambahan menunjukkan bahwa rasa sakit dan keparahan retakan pada puting susu menurun pada ibu yang mengoleskan minyak esensial mentol setelah setiap menyusui.

6. Atasi Gejala Pilek

Banyak perawatan pilek dan flu mengandung mentol, senyawa utama dalam minyak peppermint, yang dijual bebas.

Banyak orang percaya mentol adalah dekongestan hidung efektif yang dapat menghilangkan hidung tersumbat serta meningkatkan aliran udara dan pernapasan.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentol tidak memiliki fungsi dekongestan. Meski begitu, penelitian juga menunjukkan bahwa mentol secara subyektif dapat meningkatkan pernapasan hidung.

Artinya, meskipun mentol tidak berfungsi sebagai dekongestan, mentol dapat membuat orang merasa lebih mudah bernapas melalui hidung.

Hal ini mungkin akan memberikan setidaknya sedikit kelegaan bagi mereka yang terkena flu.

7. Dapat Menyamarkan Bau Mulut

Permen karet rasa mint dan permen penyegar napas adalah beberapa hal pertama yang dirasakan manfaat orang saat mencoba mencegah atau menghilangkan bau mulut.

Para ahli sepakat bahwa sebagian besar produk daun mint bermanfaat pada kesehatan yakni menutupi bau mulut selama beberapa jam. Namun, mereka hanya menutupi bau mulut dan tidak mengurangi bakteri atau senyawa lain yang menyebabkan bau mulut sejak awal.

Di sisi lain, minum teh peppermint dan mengunyah daun segar mungkin dapat menutupi bau mulut dan membunuh bakteri.

(nwy/pal)