Sabtu, 31 Okt 2020 15:07 WIB

Terpopuler Sepekan

Heboh Aliansi Dokter Dunia Klaim COVID-19 Tak Nyata

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
aliansi dokter dunia Viral Aliansi Dokter Dunia soal COVID-19. (Foto: detikHealth)
Jakarta -

Sebuah video yang mengatasnamakan Aliansi Dokter Dunia belakangan ini viral karena statement terkait COVID-19 yang dibuat pada 10 Oktober 2020 lalu. Aliansi dokter ini mengklaim bahwa COVID-19 itu tidak nyata.

"Kami adalah dokter, ilmuwan, dan aktivis perdamaian dan kami semua mengatakan peristiwa COVID-19 ini tidaklah benar," jelas Heiko Schoning, salah seorang yang berbicara dalam video viral tersebut, yang mengaku seorang dokter medis dari Jerman.

"Kenyataannya adalah bahwa itu tidak lebih jahat dari musim flu yang buruk," jelas dokter lain yang ada pada video tersebut.

Di dalam video tersebut, beberapa dokter juga meyakini bahwa data kapasitas rumah sakit hingga hasil tes COVID-19 yang ada selama ini hanya dibuat-buat.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan isi dari video itu sama sekali tidak benar. Konten seperti video aliansi dokter dunia itu termasuk ke dalam misinformasi.

"Konten pada video yang disebarkan oleh kelompok Aliansi Dokter Dunia dalam dunia akademis termasuk ke dalam misinformasi," tegasnya pada detikcom beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika narasi seperti ini disebar di dalam video itu bisa menimbulkan makna yang keliru terkait COVID-19 di mata publik. Hal ini karena virus tersebut baru dan tak kasat mata.

Keberadaan virus ini baru akan terasa saat mikroorganisme khususnya yang bersifat patogen itu menimbulkan manifestasi gejala penyakit pada makhluk hidup.

Untuk itu, Prof Wiku menegaskan agar masyarakat bisa menyaring informasi dari sumber yang terpercaya. Sumber itu seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), CDC, PBB, Kementerian Kesehatan RI, dan Satgas Penanganan COVID-19.

BACA JUGA



Simak Video "Epidemiolog UI: Corona Lebih Penting Ketimbang Terlibat Pilkada"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)