Sabtu, 31 Okt 2020 21:39 WIB

Kata Dokter soal Pentingnya Vaksinasi buat Orang Dewasa

Inkana Putri - detikHealth
Pemprov Jabar melakukan simulasi vaksinasi COVID-19 di Kota Depok, Kamis (22/10/2020). Foto: Dedy Istanto
Jakarta - Bicara soal vaksinasi, banyak masyarakat yang mengira hanya perlu dilakukan pada anak-anak. Padahal, vaksinasi juga penting didapatkan orang dewasa. Apalagi jika belum pernah mendapat vaksin sejak kecil.

Seiring berlanjutnya usia, sistem antibodi pada tubuh orang dewasa juga menurun. Gaya hidup yang kurang sehat dan kondisi tubuh yang rentan terhadap penyakit kronis juga menjadi alasan perlunya vaksinasi saat dewasa.

"Ternyata (dengan) memvaksinasi orang dewasa, kita sebenarnya sedang melindungi orang-orang di rumah, keluarga kita," ujar Dokter Penyakit Dalam dan Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/10/2020).

Hal tersebut disampaikan dalam webinar KPCPEN 'Pentingnya Imunisasi pada Orang Dewasa', Rabu (28/10).

Lebih lanjut dr. Dirga menjelaskan terdapat sejumlah vaksin yang direkomendasikan untuk orang dewasa antara lain, vaksin influenza, pneumonia, tetanus, difteri, pertusi, Hepatitis A dan B, rabies hingga vaksin HPV (Human Papillomavirus).

Ia juga menambahkan selama masa pandemi COVID-19, WHO menyarankan orang dewasa untuk melakukan vaksin influenza dan pneumonia.

"Memang vaksin influenza dan pneumonia tidak mencegah kita dari terinfeksi COVID-19, tetapi kita ketahui bahwa orang yang mengalami influenza dan pneumonia lebih rentan terkena COVID-19. Penelitian menunjukkan pasien COVID yang pernah di vaksin influenza dan pneumonia gejalanya lebih ringan dan angka kematiannya lebih kecil," jelasnya.

Senada dengan dr. Dirga seorang publik figur Melissa Karim juga menilai vaksin untuk orang dewasa merupakan hal penting. Menurutnya, melakukan vaksinasi sejak dini sangat penting untuk mencegah dari infeksi penyakit.

Selain melindungi diri sendiri, vaksinasi juga akan melindungi orang lain yang tidak bisa melakukan vaksinasi akibat berbagai alasan.

"Aku adalah orang yang patuh akan imunisasi, karena untuk membuat suatu sistem itu sehat, masyarakat sehat, kita harus bekerja sama," pungkasnya.

Simak Video "Harga Vaksin COVID-19 Moderna Berkisar Rp 350 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)