Kamis, 05 Nov 2020 16:37 WIB

Vaksin Corona Buatan Indonesia: Uji Klinis, Tahap Riset, Jadwal Suntik

Rosmha Widiyani - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Foto: iStock/Vaksin Corona Buatan Indonesia: Uji Klinis, Tahap Riset, Jadwal Suntik

5. Menghasilkan antigen

Setelah melalui beberapa tahap, sel-sel mamalia akan menghasilkan antigen virus corona SARS-CoV-2. Antigen inilah yang menjadi kandidat vaksin dan diuji coba di tahap selanjutnya.

6. Perbanyakan dan pemurnian antigen

Tahap ini bertujuan mendapatkan antigen target dalam jumlah besar, sekaligus memisahkan zat atau senyawa yang tidak dibutuhkan dalam pembuatan vaksin. Hasilnya diperoleh antigen murni dalam jumlah banyak, yang biasanya perlu waktu lama dan banyak uji.

7. Uji Klinis

Uji klinis bertujuan menilai keamanan kandidat vaksin dan menentukan dosis yang tepat. Tahap yang melibatkan hewan dan manusia ini juga menilai efek samping dan kemanjuran (efikasi) vaksin.

8. Masuk skala produksi

Setelah melalui uji klinis dan dinilai berhasil, vaksin corona buatan Indonesia Merah Putih didaftarkan pada BPOM. Penilaian BPOM adalah syarat penggunaan vaksin secara masif di masyarakat.

C. Jadwal penyuntikan vaksin corona buatan Indonesia Merah Putih

Bambang memperkirakan vaksin corona buatan Indonesia Merah Putih bisa disuntikkan pada triwulan ketiga tahun 2021. Tentunya vaksin telah dinyatakan aman dan manjur sebelum diberikan pada masyarakat Indonesia.

"Kita harus mengikuti protokol mengenai vaksin ini secara disiplin dan ketat," kata Bambang dalam konferensi pers virtual tentang Pengembangan Vaksin, Terapi, dan Inovasi COVID-19.

Vaksin corona buatan Indonesia Merah Putih saat ini di tahap uji coba klinis pada hewan. Bambang berharap bulan Januari-Februari 2021 bisa menyerahkan bibit vaksin pada Bio Farma, sebelum memasuki tahap produksi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(row/erd)