Jumat, 06 Nov 2020 05:54 WIB

5 Risiko Melewatkan Sarapan, Stres hingga Imun Tubuh Menurun

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi makan Sarapan penting untuk kesehatan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Mengawali hari dengan sarapan dapat bermanfaat bagi kesehatan di antaranya adalah dapat meningkatkan energi, meningkatkan kinerja otak, menjaga konsentrasi, hingga mencegah naiknya asam lambung. Sayangnya kebiasaan melewatkan sarapan sering kali dilakukan banyak orang karena beberapa faktor seperti terlalu sibuk, tidak biasa sarapan, maupun belum terlalu lapar.

Dikutip dari WebMD, tubuh sangat membutuhkan gula darah yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan otak. Kebutuhan itu didapatkan dari sarapan.

Berikut bahaya jika selalu melewatkan makan pagi yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan risiko kematian

Penyakit kardiovaskular atau gangguan jantung dan pembuluh darah menjadi penyakit paling mematikan nomor satu di dunia. Dalam studi yang dilakukan pada 2011, sebanyak 2.318 kematian terjadi di mana 619 di antaranya disebabkan kardiovaskular.

Para peneliti mencermati seberapa sering orang-orang sarapan dan menghubungkannya dengan kematian akibat kardiovaskular. Dalam data survei ditemukan, mereka yang tidak pernah sarapan memiliki risiko kematian lebih tinggi akibat kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang melakukan sarapan di pagi hari.

2. Berbagai penyakit yang akan muncul

Dalam sebuah penelitian, melewatkan sarapan dihubungkan dengan peningkatan obesitas, kolesterol atau lemak dalam darah, tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, sindrom metabolik, dan penyakit jantung. Profesor Nutrisi University of Illinois di Chicago Krista Varady mengatakan biasanya mereka yang melewatkan sarapan juga memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

"Khususnya orang-orang tersebut merupakan mantan perokok, pecandu alkohol, jarang bergerak, pola makan yang buruk, dan berpenghasilan rendah," ujar Varady.

3. Nutrisi penting dalam tubuh akan hilang

Melewatkan sarapan dapat menghilangkan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Penyerapan makanan yang tidak lancar akan menghilangkan nutrisi tersebut. Sarapan merupakan waktu yang tepat untuk memasukkan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina dalam beraktivitas seharian.

4. Menyebabkan stres saat bekerja

Otak membutuhkan glukosa untuk dapat bekerja secara aktif. Dengan melakukan sarapan rutin, hormon kortisol yang berfungsi untuk mengendalikan stres akan naik. Sebaliknya, jika hormon itu turun karena tidak ada asupan makanan yang masuk saat pagi hari, maka stres dikarenakan lelah bekerja akan muncul.

5. Menurunkan imunitas tubuh

Saat melewatkan sarapan, kekebalan tubuh akan menurun. Imunitas diperlukan agar tubuh mampu mengenali dan menghancurkan sel-sel yang membahayakan kesehatan.



Simak Video "Begini Proses Virus Corona Menyerang Orang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)