Jumat, 06 Nov 2020 20:58 WIB

Cegah Stroke Sejak Dini, Simak Tips Hidup Sehat ala Putri Tanjung!

Inkana Putri - detikHealth
Stroke Foto: Inkana Putri/detikcom
Jakarta -

Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI menyatakan stroke menjadi penyebab nomor satu kecacatan dan kematian di Indonesia. Bahkan, jumlah penderita stroke wanita saat ini mulai meningkat sehingga angka stroke antara pria dan wanita menjadi sama.

Dokter Spesialis Saraf dr. Indah Aprianti Putri mengatakan awalnya jumlah penderita stroke pada wanita lebih rendah dibanding pria. Adapun hal ini disebabkan karena wanita terproteksi oleh hormon yang ada. Namun, seiring bertambahnya usia, hormon tersebut berkurang sehingga wanita juga berisiko terkena stroke.

"Justru perempuan sekarang menjadi lebih berisiko karena yang dikhawatirkan pada usia lanjut. Perempuan itu kan terproteksi pada hormon, jadi memang selama ada hormon risiko stroke akan rendah pada perempuan," ujarnya dalam talkshow World Stroke Day 'I am a Woman, Stroke Affected Me, Stroke Affected Everyone', Jumat (06/11/2020).

Oleh karena itu, dr. Indah menyampaikan agar sebaiknya perempuan menjaga pola hidup sehat sejak dini guna menghindari stroke dan penyakit lainnya.

Bicara soal hidup sehat, dalam kesempatan tersebut Indonesia Stroke Ambasador Putri Tanjung berbagi tips seputar gaya hidup sehat ala milenial, salah satunya dengan berolahraga.

"Aku harus bener-bener aware menjaga pola hidup yang seimbang. Aku selalu menyempatkan diri untuk berolahraga yang aku suka, yaitu pilates," kata Putri.

Menurutnya, milenial saat ini sudah mulai terdorong untuk menerapkan pola hidup sehat. Hal ini melihat banyaknya anak muda yang memanfaatkan platform olahraga online untuk olahraga selama pandemi.

"Ada workout challenges, ada 30 days fitness challenges, lose weight in 30 days tapi dengan cara yang sehat, yoga after office. Dan sekarang di kalangan anak muda lagi ada tren makan sehat dengan mulai banyaknya bisnis healthy food yang dikelola anak muda," ungkap Putri.

Selain olahraga, Putri menyebut anak muda saat ini juga perlu untuk bisa mengelola stres dengan baik seperti halnya dengan berpikir positif dan berkumpul dengan orang-orang yang positif.

"Aku juga selalu menerapkan stress management di kehidupan aku karena itu yang paling penting. Dengan sejuta kegiatan, stress itu pasti ada, jadi kita harus pinter-pinter gimana caranya kita bisa menerapkan stress management. Dan aku selalu surround myself dengan orang-orang yang positive, dengan positive energy," katanya.

Terakhir, Putri menyampaikan kunci dari hidup sehat adalah work life balance, yakni dengan menyeimbangkan kegiatan dengan pola hidup sehat, termasuk istirahat yang cukup. Menurutnya, sangat penting untuk menjaga pola hidup sedini mungkin guna menghindari stroke di kemudian hari.

"Jadi yang paling penting adalah work life balance, tapi it's so easy to say, but hard to do. Kita harus menjaga terus kesehatan fisik dan yang paling penting mental dan mulai dari hal-hal kecil. Dan istirahat yang cukup, sebenarnya yang paling penting dari istirahat adalah a quality of sleep. Kita juga harus inget batas limit badan kita," pungkasnya.



Simak Video "Awas! Wanita Rentan Terkena Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)