Jumat, 06 Nov 2020 21:03 WIB

Bantul Keren! Punya Mobil PCR Keliling, Target 120 Sampel Perhari

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Mobil PCR keliling Dinkes Bantul Mobil PCR keliling Dinkes Bantul (Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth)
Bantul -

Guna menggencarkan screening, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengoperasikan mobil polymerase chain reaction (PCR) terhitung sejak hari ini. Dinkes menargetkan 120 sampel swab dapat diuji setiap harinya.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharjo mengatakan, pengadaan mobil PCR tipe Hi-Ace seharga Rp 4,6 miliar ini untuk mempercepat pemetaan penyebaran COVID-19 di Bantul. Pasalnya kasus positif di Bantul terus bertambah setiap harinya.

"Mobil PCR ini bisa menjangkau lebih masif dan lebih cepat dalam pelayanan tes swab di masyarakat, karena didukung dengan sarana dan prasana yang memadai," ucapnya saat ditemui di Bantul, Jumat (6/11/2020).

Lanjutnya, mobil PCR ini memiliki garansi satu tahun dan mendapatkan free 1.000 reagen untuk mendukung pemeriksaan. Saat ini pihaknya sudah menyiapkan 5.000 reagen untuk menopang kinerja dari mobil PCR.

"Kami juga libatkan tenaga medis berpengalaman, untuk itu kami akan maksimalkan mobil ini untuk melakukan pengetesan. Untuk target kami 120 sampel dari berbagai titik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bantul, Abednego Dani Nugroho menjelaskan, bahwa mobil PCR ini akan dioperasikan oleh 10 orang yang terbagi dalam 2 tim. Di mana petugas yang dipersiapkan telah menjalani training baik daring maupun praktik.

"Mereka terdiri dari ada dua sopir sekaligus mekanik kelistrikan, 2 dokter, dan 4 analis. Sedangkan sisanya adalah tenaga analis yang difungsikan sebagai cadangan," katanya.

Guna menopang kinerja dari mobil PCR, Abed mengungkapkan, ada genset dan aki khusus yang telah disiapkan petugas. Sebab, selama melakukan pemeriksaan, mobil PCR ini bisa menyala selama 7 jam.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Terdeteksi Positif Corona Lewat Tes GeNose, Tetap Harus Tes PCR"
[Gambas:Video 20detik]