Senin, 09 Nov 2020 05:50 WIB

Sederet Alasan Minum Kopi Pagi Ini, Bakar Lemak hingga Cegah Diabetes

Kanya Anindita - detikHealth
young chinese woman sitting next to windows in cafe. Sederet manfaat minum kopi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Banyak orang berpendapat bahwa aroma kopi di pagi hari dapat membuat mood menjadi lebih baik. Kopi dapat memengaruhi setiap orang secara berbeda, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan kopi tidak mengganggu kesehatan Anda.

Hindari tambahan pada kopi seperti gula, sirup, dan susu tinggi lemak karena dapat menambah kalori secara siginifikan. Kemudian, jangan konsumsi kopi lebih dari 3 cangkir sehari karena dapat meningkatkan kecemasan atau membuat sakit perut. Lalu, pilih waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi agar tidak menganggu jam tidur Anda.

Berikut 6 manfaat yang bisa didapatkan dari minum kopi di pagi hari:

1. Kaya akan antioksidan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada kopi lebih banyak dibandingkan sayuran dan buah-buahan. Dua antioksidan utama yang ditemukan dalam kopi disebut polifenol dan asam hidrokinamatik berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi saat tubuh tidak menghasilkan insulin untuk mengatur metabolisme karbohidrat. Sejumlah penelitian menunjukkan penurunan risiko diabetes tipe 2 dengan mengonsumsi kopi setiap hari.

3. Membantu membakar lemak

Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan laju metabolisme dan membantu membakar lebih banyak lemak setiap harinya. Tingkat metabolisme dalam tubuh adalah berapa banyak kalori yang Anda bakar saat istirahat dan hal tersebut sangat penting dalam menjaga berat badan.

4. Mencegah depresi

Mengonsumsi kopi sebanyak 1-3cangkir per hari dapat menurunkan risiko depresi. Efek kopi juga dapat meningkatkan kesehatan hati bagi wanita. Selain itu, antioksidan pada kopi juga dapat membuat mood menjadi lebih baik.

5. Penurunan risiko kanker

Tingginya kandungan antioksidan pada kopi dianggap dapat mencegah kanker tertentu. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang (1-3 cangkir) dapat menurunkan risiko kanker rahim dan hati.

6. Melindungi hati

Peminum kopi memiliki penurunan risiko sirosis hati yang dapat menyebabkan gagal hati dalam beberapa kasus. Minum 2 cangkir kopi setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)