Rabu, 11 Nov 2020 12:22 WIB

Kondisi Serius, Korsel Konfirmasi Wabah Flu Burung H5N8

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Setelah Menyebar di Eropa Timur, Kasus Flu Burung Juga Ditemukan di Jerman Ilustrasi flu burung. (Foto ilustrasi: DW (News))
Jakarta -

Saat ini seluruh dunia masih berjuang untuk mengakhiri pandemi virus Corona COVID-19. Hanya saja beberapa negara juga menghadapi wabah penyakit lainnya, seperti yang dialami oleh Korea Selatan.

Kementerian Pertanian Korea Selatan mengkonfirmasi adanya wabah flu burung yang disebabkan oleh virus H5N8 yang sangat patogen pada sampel burung liar. Kasus ini ditemukan di wilayah barat tengah Korsel.

Virus flu burung H5N8 ditemukan pada sampel yang diambil dari burung liar di Cheonan-si, Chungcheongnam-do, sekitar 84 km dari Seoul. Menteri Pertanian Korsel juga mengeluarkan peringatan flu burung yang sangat patogen atau sangat menular dan berpotensi menyebar dengan luas.

"Ini kondisi serius di mana polutan dapat berpindah dari wilayah yang bermigrasi ke peternakan unggas dalam berbagai rute", kata Menteri Pertanian Korsel Kim Hyeon-soo dalam pernyataannya dikutip dari Reuters.

Ia juga mendesak agar seluruh peternakan melakukan penerapan langkah karantina seperti menyemprotkan disinfektan ke pekarangan setiap hari.

Kasus wabah flu burung di Korsel bukan yang pertama terjadi selama masa pandemi COVID-19. Sebelumnya wabah flu burung juga terdeteksi di Belanda yang membuat otoritas kesehatan di sana mengeluarkan instruksi pemusnahan ayam.



Simak Video "Laporan Rusia soal Pertama Kalinya Flu Burung H5N8 Menular ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)