Rabu, 11 Nov 2020 18:35 WIB

Manfaat & Tips Olahraga bagi Diabetesi, Apa Saja?

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Berolahraga dan beraktivitas fisik merupakan poin penting dalam pengaturan kadar gula darah bagi diabetesi. Selain itu, berolahraga juga membantu menurunkan tekanan darah, memperbaiki sirkulasi darah, membakar kalori untuk membantu kontrol berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki suasana hati, memperbaiki kualitas tidur, dan mencegah jatuh di usia lanjut.

Sebegitu pentingnya hingga diabetesi dianjurkan untuk rutin berolahraga intensitas rendah hingga sedang minimal 150 menit per minggu.

Lantas, jenis olahraga seperti apa yang dapat dilakukan?

  • Latihan aerobik. Misalnya berjalan cepat, bersepeda, berenang, dan senam aerobik. Lakukan latihan aerobik minimal 30 menit setiap harinya yang dapat dibagi dalam beberapa sesi dalam satu hari.

  • Latihan beban untuk memperkuat otot dan tulang. Cukup 2-3 kali per minggu.

  • Latihan peregangan untuk memperbaiki keseimbangan dan mencegah nyeri otot.

Selain itu, agar aktivitas olahraga dapat dilakukan dengan aman oleh diabetesi, pastikan untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

  • Kenali kapasitas diri dan mulai secara perlahan. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga untuk memastikan jenis dan intensitas olahraga yang sesuai dengan kondisi.

  • Rencanakan waktu olahraga dengan baik dan hindari cuaca yang terlalu panas saat berolahraga untuk menghindari dehidrasi. Lakukan olahraga dalam ruangan jika udara terlalu panas.

  • Lakukan pengukuran kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga. Jika kadar gula terlalu rendah sebelum berolahraga, jangan dipaksakan untuk berolahraga, siasati dengan makan sekitar 1 jam sebelum berolahraga.

  • Jangan lupa untuk melakukan 5 menit pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga.

  • Gunakan sepatu olahraga yang sesuai dan selalu periksa kondisi kaki setelah berolahraga. Pada diabetesi seringkali muncul luka tanpa disadari, ini disebabkan karena gangguan sistem saraf di bagian kaki.

  • Hindari olahraga yang terlalu berat. Jika Anda tidak dapat berbicara saat berolahraga, hal ini berarti intensitas olahraga sudah terlalu berat dan perlu diturunkan. Setelah dilakukan secara rutin, Anda akan dapat meningkatkan intensitas latihan secara bertahap.

  • Siapkan asupan karbohidrat yang dapat diperlukan saat gula darah menurun. Segera periksa kadar gula darah jika merasakan tanda-tanda kadar gula darah rendah.

  • Hentikan latihan jika merasa nyeri, sesak nafas, atau pusing. Konsultasikan ke dokter jika mengalami gejala yang mengganggu.

Untuk mengembalikan kesegaran setelah berolahraga, Anda bisa minum Tropicana Slim Sweet Orange yang tentunya bebas gula dan dengan rasa jeruk yang segar. Olahraga membawa banyak manfaat bukan? Yuk, rutin berolahraga untuk mencapai kondisi kesehatan yang lebih prima!



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)