Kamis, 12 Nov 2020 05:06 WIB

Plus-minus Minum Kopi Tiap Hari, Ada Bahayanya Lho kalau Berlebihan

Farah Nabila - detikHealth
Fresh Coffee in a small caffe Plus-minus minum kopi setiap hari (Foto: iStock)
Jakarta -

Kopi telah menjadi minuman favorit bagi kaum muda hingga orang tua. Kopi menjadi minuman untuk menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat para pecinta kopi sulit untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi setiap harinya. Kebiasaan minum kopi setiap hari dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi tubuh.

Minum kopi setiap hari membuat tubuh akan terbiasa dengan kafein. Kopi memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang nikmat, minum kopi dapat mencegah kanker dan penyakit lainnya. Namun minum kopi setiap hari juga dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan.

Dikutip dari The Healthy, berikut hal yang terjadi pada tubuh jika seseorang minum kopi setiap hari.

1. Menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit lainnya

Minum kopi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker dan penyakit lainnya. Minum kopi hitam setiap hari dapat melindungi otak dari demensia.

Menurut Beth Witherspoon, Konsultan diet terdaftar untuk Perusahaan Kopi Komunitas, konsumsi kopi dalam jumlah sedang (3-5 cangkir setiap hari) dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, risiko penyakit parkinson, demensia dan sirosis.

"Pada dasarnya kopi membantu Anda hidup lebih lama," ujar Janet Rich Pittman, Spesialis pencegahan demensia dan Penasihat kesehatan senior, yang dikenal sebagai The Brain Nerd.
Namun, para ahli mencatat bahwa manfaat kopi paling baik pada kopi hitam.

2. Suasana hati menjadi lebih baik

Selain mencegah penyakit, kandungan kafein kopi berkorelasi langsung dengan otak. Kandungan kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi dan meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi Harvard's School of Public Health tahun 2013, menemukan bahwa mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko bunuh diri hingga 45 persen. Hal ini karena efek stimulan kafein membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan kemampuan berolahraga

Konsumsi kopi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan selama berolahraga. Kafein pada kopi dapat meningkatkan kinerja fisik terutama dalam olahraga aerobik atau ketahanan.

Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan saat berolahraga adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan. Sebagai ilustrasi, seseorang dengan berat badan 68 kg dapat mengonsumsi 1-4 cangkir kopi untuk menghasilkan kinerja fisik saat olahraga lebih optimal.

Kafein dapat meningkatkan kinerja selama latihan jangka panjang dan pendek. Kafein juga bereaksi dengan reseptor di otak untuk "mematikan" bagian yang mengenali adenosin, zat kimia yang menyebabkan sensasi lelah. Dalam artian, terjadi penurunan rasa lelah dan juga nyeri.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]