Hari ke 5 dan 10 Jadi 'Penentu Nasib' Pasien COVID-19, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Hari ke 5 dan 10 Jadi 'Penentu Nasib' Pasien COVID-19, Ini Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 12 Nov 2020 19:00 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Ilustrasi pasien Corona. (Foto ilustrasi: iStock)

Pada fase ini, untuk beberapa pasien yang mengalami gejala ringan, kondisi akan membaik setelah sepekan. Pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan pasien yang gejalanya telah membaik dan yang tidak demam selama tiga hari dapat meninggalkan isolasi.

"Hari ke 8-12 adalah masa di mana kita akan melihat pasien akan menjadi lebih baik, atau memburuk. Hal yang kami khawatirkan adalah 8-12 hari, sesak napas meningkat, batuk semakin parah," kata Dr Charles A. Powell, direktur di Mount Sinai-National Jewish Health Respiratory Institute.Tetapi bagi sebagian lainnya, mereka akan merasa tidak nyaman dan terus merasa buruk di hari-hari selanjutnya.

Faktanya, apa yang sekarang diamati oleh dokter adalah semakin banyak orang yang memenuhi rumah sakit dengan gejala parah, komplikasi seperti pneumonia setelah dua minggu terinfeksi.

Bagi orang yang cenderung mengalami bentuk infeksi yang lebih parah, hari ke 5 hingga 10 adalah hari saat mereka akan mengalami masalah yang nyata. Oleh karena itu, pasien COVID-19 selalu diminta untuk mengecek kondisi mereka hari ke hari pasca terinfeksi.


(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT