Minggu, 15 Nov 2020 20:13 WIB

Pengunjung-Pemandu Lagu Tempat Hiburan Malam di Tegal Jalani Rapid Test

Imam Suripto - detikHealth
Pengunjung-Pemandu Lagu Tempat Hiburan Malam di Tegal Jalani Rapid Test Pengunjung dan pemandu lagu tempat hiburan malam diperiksa (Foto: Imam Suripto/detikHealth)
Tegal -

Tim gabungan Pemerintah Kota Tegal bersama TNI dan Polri, Minggu malam mendatangi sejumlah tempat hiburan malam karaoke. Di lokasi hiburan ini tim memeriksa puluhan orang baik pengunjung maupun pemandu lagu.

Empat tempat karaoke yang didatangi adalah Happy Song, Orange, Deluxe, dan Zodiak. Petugas gabungan mengawali pemeriksaan dengan mendatangi tempat karaoke Happy Song di Jalan Slamet Riyadi Kota Tegal. Secara random, tim mengambil sampel sembilan orang baik pengunjung maupun pemandu lagu.

Selanjutnya, di tempat karaoke Orange, petugas memeriksa delapan orang, Deluxe 8 orang dan Zodiak delapan orang.

Dari empat tempat hiburan malam karaoke itu, total ada 33 sampel yang diambil petugas. Sampel tersebut kemudian dibawa petugas untuk diperiksa di laboratorium.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, kegiatan ini untuk memantau penerapan protokol kesehatan di tempat hiburan. Selain itu, petugas juga terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pengunjung dan karyawan.

"Kegiatan ini sekaligus untuk rapid tes. Sampel darah diambil secara random saja. Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan termasuk malam hari ini," tutur dr Prima.

Pengunjung-Pemandu Lagu Tempat Hiburan Malam di Tegal Jalani Rapid TestRapid test di tempat hiburan malam. Foto: Imam Suripto/detikHealth

Soal hasil rapid tes, Prima menegaskan belum bisa langsung diketahui. Hasil baru diketahui hari Senin besok.

"Ketika nanti terindikasi dari hasil rapid tes ditemukan reaktif maka, akan ditindaklanjuti. Identitas peserta rapid tes sudah dicatat, nantinya akan dihubungi dan selanjutnya dilakukan swab," kata Prima di sela kegiatan.

Dari hasil pemantauan, tambah Prima, secara umum protokol kesehatan sudah diterapkan. Pengunjung maupun karyawan sudah memahami dan mau menerapkan selama berada di tempat karaoke.

"Secara umum protokol kesehatan sudah diimplementasikan, tinggal ada kekurangan sedikit. Tetapi dibanding beberapa waktu lalu dengan saat ini sudah ada peningkatan dalam penerapan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal ini.

Kegiatan monitoring seperti ini akan terus dilakukan dalam minggu ini. Kegiatan akan difokuskan di kelurahan dan kecamatan yang paling tinggi lonjakan COVID-19.

Merujuk laman corona.tegalkota.go.id jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Tegal masih terus mengalami kenaikan. Terhitung pada Sabtu (14/11/2020) pukul 23.45 Kasus terkonfirmasi Warga Kota Tegal tertera sebanyak 774 (total positif), 31 (dirawat), 270 (solasi mandiri), 435 (sembuh) dan 38 orang (meninggal).



Simak Video "Virus Corona Mengancam Kerusakan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)