Senin, 16 Nov 2020 16:36 WIB

Nikita Mirzani Singgung Tes DNA, Ini Jenis-jenisnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nikita Mirzani saat ditemui di studio Trans TV. Nikita Mirzani singgung Habib Rizieq tes DNA. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Nikita Mirzani kini tengah berseteru dengan pendukung Habib Rizieq. Bahkan Nikita pun menantang Habib Rizieq untuk melakukan tes DNA, untuk membuktikan bahwa Rizieq merupakan cucu dari Rasulullah.

"Coba biar gak ada fitnah, tes DNA biar kita lihat kalau benar dia keturunan Rasulullah? Coba berani gak tuh manusia yg Lo pada agung2 kan buat tes DNA!" kata Nikita.

Tes DNA banyak digunakan untuk mengidentifikasi, berbagai hal mulai dari masalah kesehatan hingga hubungan kekerabatan antara seseorang dengan orang lain. Tes ini memiliki tiga jenis yang paling umum, yaitu pengujian Y-DNA, pengujian DNA mitokondria (mtDNA), dan pengujian DNA autosom.

Dikutip dari Medline Plus, berikut penjelasan dari ketiga jenis DNA yang paling umum tersebut.

1. Y-DNA (pengujian kromosom Y)

Pengujian kromosom Y ini digunakan untuk mengeksplorasi keturunan langsung dari garis keturunan laki-laki. Pengujian Y-DNA ini hanya bisa dilakukan pada laki-laki, karena perempuan tidak memiliki kromosom Y.

Variasi dalam kromosom Y ini diturunkan secara eksklusif dari ayah ke anak laki-laki.

2. mtDNA (pengujian DNA mitokondria)

Jenis pengujian ini mengidentifikasi variasi genetik dalam DNA mitokondria. Baik pria maupun wanita memiliki DNA mitokondria, yang diturunkan dari ibu mereka. Jadi jenis tes DNA ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita.

Tes DNA ini bisa memberikan informasi terkait garis leluhur perempuan langsung. Selain itu, pengujian DNA jenis ini bisa memberitahu tentang nenek moyang perempuan yang mungkin hilang dari catatan sejarah keluarga.

3. Pengujian DNA polimorfisme nukleotida tunggal

Pada tes DNA ini akan mengevaluasi sejumlah besar variasi (polimorfisme nukleotida tunggal atau SNP) di seluruh genom seseorang. Hasilnya akan memberikan perkiraan terkait latar belakang etnis seseorang.

Tes ini dilakukan dalam prosedur genetic ancestry atau tes keturunan genetik dan silsilah genetik. Ini adalah cara untuk mengetahui sejarah keluarga (genealogi), tentang dari mana nenek moyang seseorang mungkin berasal dan tentang hubungan antar keluarga.

Ahli silsilah menggunakan tes ini karena hasil darikromoson Y danDNAmitokondria, tidak menjelaskan latar belakang etnis secara keseluruhan dari seseorang. Informasi dalam kromosom ini bisa membantu menemukan kerabat jauh dan baru, serta menemukan tempat tinggal nenek moyang 500-1.000 tahun yang lalu atau lebih.



Simak Video "Top 5: Istri Mendiang Chrisye Meninggal, Nikita Mirzani Tahanan Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)