Rabu, 18 Nov 2020 22:22 WIB

Pernah Positif, Wali Kota Semarang Ingatkan COVID-19 Bukan Konspirasi

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Melihat Antusias Wisatawan di Kota Lama Semarang saat Libur Panjang Salah satu sudut Kota Lama Semarang (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berencana siap menjadi donor Plasma Konvalesen pasca sembuh dari COVID-19. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan apakah pria yang akrab disapa Hendi itu bisa menjadi pendonor.

Hendi sembuh dari Corona setelah menjalani perawatan di RSUP dr Kariadi Semarang selama 10 hari. Saat ditanya apakah berencana menjadi pendonor Plasma Konvalesen, ia mengatakan sudah diambil sample darahnya untuk dicek.

"Insya Allah kemarin saya sudah diambil darah, mau dicek dalam waktu beberapa hari ini. Kalau ternyata nanti plasma darah saya memungkinkan, akan saya donorkan untuk penderita COVID yang lain," kata Hendi usai debat Pilkada di Hotel Patra Semarang, Rabu (18/11/2020).

Terkait dirinya yang sempat terinfeksi virus Corona, ia menegaskan wabah tersebut bukan konspirasi. Jika penanganan terlambat menurutnya akan berakibat fatal.

"Kawan-kawan, kata orang COVID itu konspirasi, saya rasa itu harus dipatahkan. Saya ini kena COVID bukan OTG tapi yang benar-benar kena gangguan secara klinis badan menjadi demam tinggi, batuk-batuk dan kemudian cukup banyak cerita-cerita yang kalau itu tidak pada waktu yang tepat diobati maka orang itu bisa kemudian 'lewat'. Tapi Alhamdulillah saya ketemu dengan tim dokter yang luar biasa baik dari RSWN dan RS Kariadi," jelasnya.

Pria yang saat ini maju lagi sebagai Calon Wali Kota Semarang itu pun berharap protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat. Penanganan juga harus cepat apalagi jika sudah ada gejala.

"Jadi kemarin saya berpikir, oh kalau gitu COVID ini bisa disembuhkan sepanjang penanganan tidak telat karena saya sering tanya sama dokter, 'Dok, itu temenku yang itu kok meninggal kenapa?' Oh, dia masuk ke rumah sakit kita dengan kondisi yang sudah kritis napasnya, sudah sangat sesak," tandasnya.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/up)