Kamis, 19 Nov 2020 13:57 WIB

2 Vaksin COVID-19 Ini 90 Persen Efektif, Mungkinkah Dipakai di Indonesia?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Vaksin COVID-19 menunjukkan efektivitas 90 persen, mana yang mungkin dipakai di Indonesia? (Foto: BBC World)

Berbeda dengan vaksin mRNA Pfizer dan Moderna, vaksin Sputnik yang juga diklaim efektivitasnya melebihi 90 persen menggunakan adenovirus.

"Sementara kita juga nggak tahu base pada adenovirusnya seperti apa," jelas Ahmad.

"Karena kalau kita sudah punya kekebalan terhadap itu takutnya kita sudah mulai toleran sehingga ketika divaksinasi imunitas kita malah gak bangkit karena sudah terbiasa ngeliatnya kan," lanjutnya.

Kabar baiknya, vaksin Sinovac menurutnya masih lebih baik dibandingkan dengan Sputnik V. Hal ini dikarenakan vaksin Sinovac merupakan vaksin yang di-inactivated.

Namun, catatannya antibodi yang dihasilkan dari vaksin COVID-19 Sinovac lebih sedikit dari antibodi pasien Corona pasca sembuh.

"Nah bagusnya Sinovac bukan adenovirus ya jadi betul-betul vaksin yang sudah di-inactivated tapi ya tadi mungkin respons imunnya kurang bagus, tapi kedepannya kita belum tau," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)