Jumat, 20 Nov 2020 07:04 WIB

Bantu Cegah Sakit di Musim Hujan dengan 5 Nutrisi Penting Ini

Content Promotion - detikHealth
Sakit musim hujan Foto: shutterstock
Jakarta -

Musim hujan identik dengan berbagai penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Cuaca yang dingin dan menyebabkan kekebalan tubuh melemah menjadi salah satu alasannya.

Berbagai penyakit yang kerap terjadi di musim hujan, seperti pilek, batuk, demam, dan sebagainya bisa dicegah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Untuk itu Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi berikut seperti dilansir dari NDTV.

1. Antioksidan

Fungsi utama antioksidan adalah menghancurkan radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh selama aktivitas sehari-hari, seperti makan, terpapar lingkungan, dan stres. Cara mendapatkan antioksidan adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

2. Protein

Protein sebagai makronutrien memiliki peran penting dalam menentukan respon imun Anda. Sel imun penting seperti fagosit, limfosit, dan sitokin terdiri dari protein. Protein juga merupakan bagian dari antibodi yang menjadi kunci sistem kekebalan tubuh yang kuat. Protein bisa didapat dari susu, kedelai, daging tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.

3. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak Omega 3 tidak hanya penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan jantung, namun juga dalam memperkuat respons kekebalan tubuh Anda. Asam lemak omega 3 juga dapat mempercepat pemulihan setelah terkena infeksi karena sifat antiinflamasinya. Konsumsi ikan berlemak, kenari, dan minyak nabati untuk mendapatkan nutrisi ini.

4. Vitamin D

Nutrisi yang bisa didapat dengan cara berjemur di bawah sinar matahari ini adalah mikronutrien penting lain yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D bisa membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi umum. Penuhi kebutuhan vitamin D yang optimal selain dengan berjemur, juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi ikan berlemak, susu, dan kuning telur.

5. Vitamin C

Vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara meningkatkan fungsi fagosit serta meningkatkan respons imun seluler seiring dengan peningkatan produksi limfosit peningkat kekebalan. Vitamin C banyak tersedia di buah jeruk, lemon, jeruk nipis, paprika hijau, sayuran hijau, hingga tomat.

Di dalam Samcorbex juga terdapat vitamin C sebanyak 500 mg yang membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian Anda. Samcorbex adalah multivitamin dari PT Samco Farma yang bisa membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Samcorbex 1-2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas di musim hujan. Selain itu, ada juga Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Samco FarmaFoto: Dok. Samco Farma

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi Anda yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombo

(ads/ads)