Jumat, 20 Nov 2020 14:30 WIB

Habib Rizieq Istirahat, Bisakah Kelelahan Pengaruhi Imunitas Tubuh?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Habib Rizieq Santap Nasi Mandi dan Jus Kurma Habib Rizieq Syihab. (Foto: detikcom/twitter Tommy Soeharto)
Jakarta -

Front Pembela Islam (FPI) mengungkap kondisi terkini Habib Rizieq Syihab (HRS). Pemimpin FPI itu saat ini sedang menjalani masa istirahat setelah perjalanan pulang dari Arab Saudi.

"Bahwa IB HRS saat ini memilih untuk istirahat, jeda sejenak," kata Ketum FPI Ahmad Shabri Lubis dalam keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Shabri menyebut Habib Rizieq untuk sementara tidak akan melakukan kegiatan dalam jumlah massa yang besar. Hal itu disebut sebagai wujud menjalani pola hidup sehat.

"Karena selain cukup lelah akibat melalui perjalanan panjang dan langsung beraktivitas dengan tingkat kepadatan tinggi serta setelah melihat antusiasme umat sejak tanggal 10 November saat kedatangan hingga 14 November pada acara Maulid Nabi SAW di Petamburan, umat begitu antusias pada setiap kegiatan yang akan berdampak pada penumpukan massa," ujar Shabri.

Tubuh yang lelah atau capek bisa disebabkan banyak faktor, seperti kebanyakan aktivitas, jam tidur kurang, stres, depresi, pengaruh cuaca, penyakit tertentu hingga banyak pikiran yang bisa menimbulkan tekanan bagi tubuh.

Dikutip dari Mayo Clinic, kekebalan tubuh seseorang bisa turun kapan saja dan ada banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Salah satunya penyebab turunnya kekebalan tubuh seseorang adalah kurang beristirahat karena sibuk bekerja.

Saat tubuh kurang beristirahat, hormon pelindung dan antibodi juga sel yang berperan untuk melawan penyakit bisa berkurang produksinya. Saat tubuh sedang kelelahan, sangat disarankan untuk tidur cukup.

Tidur cukup akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam keadaan sehat, dan juga melindungi dari masalah kesehatan lainnya.



Simak Video "Sudah Direhab Masih Terjerumus Narkoba, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)