Minggu, 22 Nov 2020 05:03 WIB

7 Manfaat Daun Pepaya, Si Pahit yang Kerap Dijadikan Obat

Tim detikcom - detikHealth
Daun pepaya Foto: iStock/7 Manfaat Daun Pepaya, Si Pahit yang Kerap Dijadikan Obat

4. Antiinflamasi

Berbagai olahan daun pepaya sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa tumbuhan dengan potensi manfaat anti inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang menderita radang sendi.

Namun, tidak ada penelitian manusia yang mengkonfirmasi hasil ini. Dengan demikian, hingga saat ini, bukti ilmiah belum cukup untuk menentukan apakah daun pepaya dapat mengobati peradangan akut atau kronis pada manusia.

5. Menumbuhkan Rambut

Masker dan jus daun pepaya sering digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Namun bukti yang mendukung kemanjurannya untuk tujuan ini sangat terbatas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres oksidatif yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut. Makan makanan kaya antioksidan dapat membantu meringankan stres oksidatif dan kemudian meningkatkan pertumbuhan rambut.

Daun pepaya mengandung beberapa senyawa dengan sifat antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin E.

Para pendukung penggunaan daun pepaya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sering kali menyebutkan bahwa daun pepaya kaya akan antioksidan. Namun, tidak ada bukti signifikan bahwa aplikasi topikal daun pepaya dapat bermanfaat bagi proses pertumbuhan rambut.

Jenis ketombe tertentu disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur yang disebut Malassezia, yang dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Daun pepaya telah menunjukkan sifat antijamur dalam penelitian sehingga sering dianggap mendukung kesehatan rambut dan kulit kepala dengan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Namun, belum ada pengujian khusus.

6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun pepaya sering dikonsumsi langsung atau dioleskan sebagai cara untuk menjaga kulit lembut, bersih, dan tampak awet muda.

Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, dan jerawat.

Selain itu, enzim daun pepaya telah digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka.

7. Antikanker

Daun pepaya telah digunakan dalam praktek pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu. Namun diperlukan penelitian khusus.

Ekstrak daun pepaya telah menunjukkan kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara dalam penelitian, tetapi baik percobaan pada hewan maupun manusia tidak mereplikasi hasil ini.

Meskipun mengonsumsi daun pepaya dan makanan kaya antioksidan lainnya dapat berperan dalam pencegahan kanker, mereka belum terbukti memiliki kemampuan penyembuhan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/pal)