Minggu, 22 Nov 2020 05:30 WIB

Fakta-fakta Penting Seputar Serangan Jantung Seperti Dialami Ricky Yacobi

Ayunda Septiani - detikHealth
Beautiful Woman Athlete Runs on a Treadmill with Electrodes Attached to Her Body, Female Physician Uses Tablet Computer and Controls EKG Data Showing on Laboratory Monitors. Fakta-fakta serangan jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Pesepakbola legendaris Ricky Yacobi meninggal dunia saat berolahraga. Ricky diduga mengalami serangan jantung saat bermain sepakbola di ajang silaturahmi dengan tajuk Trofeo Medan Selection di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta Pusat.

Ricky yang berusia 57 tahun yang meninggal pada Sabtu (21/11/2020) ini sempat mencetak gol sebelum akhirnya tak sadarkan diri dan ia terjatuh. Sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi sayang Ricky tidak tertolong.

Selain Ricky, tidak sedikit yang mengalami serangan jantung dan meninggal dunia. Pemicu serangan jantung pun kerap tak disadari sehingga setiap orang tak sadar memiliki risiko terkena serangan jantung.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta-fakta terkait serangan jantung. Apa saja?

1. Penyebab serangan jantung mendadak

Banyak hal yang bisa memicu serangan jantung mendadak, seperti aktivitas fisik terlalu intens atau kurang tidur.

Selain itu faktor risiko lain yang memperbesar kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung adalah hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, kebiasaan merokok, sampai diabetes.

Lebih detail mengenai hal-hal yang bisa picu serangan jantung bisa dicek DI SINI.

2. Tanda serangan jantung saat olahraga

Kasus serangan jantung saat berolahraga kerap kali terjadi. Beberapa atlet juga dikabarkan mengalami serangan jantung saat berolahraga yang kemudian merenggut nyawanya.

Praktisi kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Jack Pradono Handojo, MHA, menyebut tandanya bisa jadi jantung berdebar-debar hebat dengan frekuensi denyut nadi di atas 160 bpm (beat per minute).

Selengkapnya seputar tanda serangan jantung saat olahraga bisa di simak DI SINI.

3. Pencegahan serangan jantung saat berolahraga

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr r Vito A Damay, SpJP(K), mengatakan salah satu cara untuk mengurangi risiko serangan jantung saat berolahraga yakni memastikan dulu kapasitas tubuh kita dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Melakukan pemeriksaan rutin atau medical check up berkala juga dapat meminimalisir serangan jantung saat berolahraga.

Lebih lengkap mengenai pencegahannya DI SINI.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)