Minggu, 22 Nov 2020 22:15 WIB

10 Kabupaten di Jateng Zona Merah, 26 di Zona Oranye COVID-19

Arbi Anugrah - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)

Selain itu, lanjut dia, hal ini juga dipengaruhi oleh mobilitas penduduk. Pasalnya virus ini dapat dibawa oleh orang yang sakit atau positif terkonfirmasi, namun mungkin yang bersangkutan merupakan orang tanpa gejala atau OTG.

"OTG sangat potensial menjadi super spreader atau penyebar/penular tercepat kepada orang lain. Oleh karena itu, dalam rangka memutus rantai penularan, maka dihimbau kepada masyarakat untuk tetat disiplin terhadap 3M dan ke luar rumah jika benar-benar ada hal yang sangat penting saja dengan tetap disiplin terhadap protokol kesehatan," ucapnya.

Dia mengungkapkan jika penanganan COVID-19 pada daerah dengan zona oranye seperti Banyumas, maka diperlukan implementasi sektornya diantaranya yakni, masyarakat disarankan tetap berada di rumah, kemudian tetap jaga jarak jika di luar rumah di semua aspek. Pembatasan penumpang atau protokol ketat di transportasi publik, lalu masyarakat dihimbau tetap bekerja dari rumah, kecuali untuk fungsi-fungsi tertentu.

Selain itu ditutupnya tempat umum, perjalanan hanya dengan protokol kesehatan yang diperbolehkan, aktivitas bisnis dibuka terbatas selain keperluan esensial, fasilitas pendidikan ditutup untuk sementara dan Kelompok rentan tetap tinggal di rumah.

"Upaya pencegahan dan penanggulangan harus ditingkatkan dan agresif. Hal ini sangat diperlukan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat agar tetap patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan," tuturnya.

Berdasarkan data terbaru kasus COVID-19 di Kabupaten Banyumas hingga hari ini, tercatat 1.206 kasus terkonfirmasi positif. Rinciannya 807 orang sembuh, 141 orang dirawat di rumah sakit, 28 orang di tempat isolasi khusus, 221 isolasi mandiri dan meninggal 37 orang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Antisipasi Gelombang Ketiga, DIY Tingkatkan 3T dan Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

(arb/up)