Selasa, 24 Nov 2020 15:00 WIB

Masih Ada yang Menolak Tes Corona, Satgas COVID-19 Sebut 4 Kemungkinannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Upaya mengatasi penyebaran virus Corona terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Sejumlah bantuan pun diberikan guna mempercepat penanganan COVID-19. Satgas sebut 4 kemungkinan masih ada warga yang menolak tes COVID-19. (Foto: Grandyos Zafna)

3. Merasa kurang nyaman dites di fasilitas kesehatan

Turro mengatakan, tak sedikit masyarakat yang merasa kurang nyaman dan takut untuk melakukan tes Corona di fasilitas kesehatan, seperti di rumah sakit atau puskesmas.

"Mungkin kita berpikir namanya tes ya penting, masa kita perlu memikirkan kenyamanan? Tapi bayangkan kalau seseorang itu harus ke rumah sakit, kemudian dia harus mengantre dan di tempat menunggunya itu justru dia takut kena COVID di situ," ucap Turro.

4. Distigma jika positif COVID-19

Terakhir, stigma negatif tentang COVID-19 juga menjadi alasan utama seseorang menolak tes COrona. Mereka merasa takut dikucilkan dari lingkungan jika dinyatakan positif COVID-19.

"Orang takut kalau dia kena positif atau reaktif, apa yang akan orang katakan? Kemudian dia juga takut, bagaimana kalau saya dikucilkan oleh keluarga atau yang lainnya," tuturnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Satgas Jelaskan Prosedur Penjemputan Pasien Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)