Rabu, 25 Nov 2020 13:05 WIB

10 Cara 'Perang' Lawan Stres dengan Kebiasaan Sehat

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
yoga Foto: shutterstock
Jakarta -

Di masa pandemi tak bisa dipungkiri stres bisa menghampiri pikiran. Stres tak dapat dihindari tapi bisa dilawan atau dikelola agar tidak memberikan efek buruk bagi tubuh.Salah satu dampak stres yang berbahaya yakni dapat membuat penyakit jantung tambah parah dan bisa memicu serangan jantung. Menurut salah satu penelitian dari Australia, stres bisa memperparah kondisi penyakit yang diidap, bahkan meningkatkan risiko kematian.

Pakar kesehatan jantung dari Auckland City Hospital dan University of Auckland, Dr. Ralph Stewart, melakukan penelitian kepada 950 partisipan asal Australia dan Selandia Baru. Ia menemukan fakta bahwa stres, depresi hingga rasa cemas berlebih bisa membuat pasien penyakit jantung meninggal lebih cepat.

Untuk itu, melansir Heart.org berikut 10 cara perangi stres dengan kebiasaan-kebiasaan sehat.

1. Lakukan Kegiatan Secara Perlahan

Sikap terburu-buru dalam melakukan suatu pekerjaan dapat membuat stres bertambah parah. Lebih baik rencanakan kegiatan atau pekerjaan dengan seksama lalu berikan cukup waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa terburu-buru.

2. Tidur Cukup

Usahakan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Dengan tidur yang cukup maka tubuh dan pikiran akan lebih jernih dalam berpikir sehingga meningkatkan fokus. Jika fokus dalam beraktivitas, maka pekerjaan akan selesai dengan cepat dan tepat serta potensi munculnya stres pun bisa dikurangi.

3. Lepaskan Kekhawatiran

Stres bisa dimulai dengan rasa khawatir, bisa khawatir tidak bisa melakukan sesuatu dengan baik, tidak bisa memberikan hasil maksimal, hingga kekhawatiran-kekhawatiran lainnya. Ambil sedikit waktu untuk beristirahat sejenak dan bernapas dengan tenang. Lepaskan segala kekhawatiran, berpikir positif akan menjadi hal yang lebih baik.

4. Tertawa

Tertawa membuat kita merasa nyaman. Jangan takut untuk tertawa terbahak-bahak, bahkan saat kamu sendirian. Tertawa juga kerap menjadi obat bagi kamu yang sedang terluka atau kecewa karena tidak dapat mencapai apa yang kamu inginkan.

5. Curhat ke Teman atau Keluarga

Jangan pendam sendiri beban pikiran, kamu bisa menceritakan masalah kamu kepada teman, sahabat atau keluarga. Dengan berbagi cerita maka beban akan terasa lebih ringan.

6. Lakukan Hal Secara Terorganisir

Jika stres yang kamu alami sering terjadi karena pekerjaan yang menumpuk, maka mengorganisir pekerjaan bisa jadi cara memecahkan masalahmu. Buatlah list yang harus dilakukan, dengan begitu kamu bisa fokus menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara bertahap.

7. Tebar Kebaikan

Saat kamu merasa stres, teman dan keluargamu dengan senang hati akan mendengarkan keluh kesahmu. Nah, saat teman atau keluargamu merasakan stres, sediakan waktu juga untuk mereka. Dengan memberikan sedikit waktumu atau menebar kebaikan serta sisi positif yang ada pada diri kamu, kamu pasti akan merasa lebih berarti.

8. Aktif Bergerak

Olahraga bisa meningkatkan hormon endorfin dan dapat meredakan ketegangan mental serta fisik yang dapat memicu stres. Oleh karena itu, saat kamu mulai stres, maka redakan dengan berolahraga.

9. Hentikan Gaya Hidup Tak Sehat

Banyak orang yang salah kaprah jika rokok dan alkohol dapat meredakan stres. Padahal jika terlalu banyak mengonsumsi alkohol, tembakau atau bahkan kafein bisa meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan rasa cemas menjadi sulit dihilangkan.

10. Lakukan Hal Baru

Rutinitas terkadang membuat orang menjadi bosan, suntuk dan lama kelamaan menjadi stres. Kamu perlu meluangkan waktu untuk mempelajari hal baru, keterampilan baru, atau aktivitas yang tidak biasa. hal tersebut bisa memberikan rasa yang berbeda bahkan mungkin bisa membuatmu lebih nyaman.

Ada banyak cara untuk mengelola stres yang bisa kamu temukan sendiri. Kesepuluh cara di atas merupakan sebagian kecil cara memerangi atau mengelola stres agar tidak berakibat buruk bagi tubuh.

Selain stres, penyakit jantung juga kerap dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, hingga makan makanan berkolesterol tinggi. Kolesterol tinggi yang ada di dalam tubuh inilah yang bisa menyumbat aliran darah menuju jantung dan menghambat kinerja jantung.

Oleh karena itu, kontrol kolesterol dengan berolahraga rutin, makan makanan bergizi dan mengandung banyak serat.

Kamu juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan yang berasal dari oats dan Inulin yang berasal dari akar Chicory. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(mul/ega)