Jumat, 27 Nov 2020 14:51 WIB

Fakta-fakta RS Ummi Bogor Eks RSIA Tempat Habib Rizieq Dirawat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
RS Ummi Bogor Fakta- fakta RS Ummi Bogor, eks RSIA. (Foto: Kanya Anindita/detikHealth)
Jakarta -

Kabar tentang Habib Rizieq Shihab (HRS) saat ini mulai diketahui dengan jelas. Saat ini Habib Rizieq tengah dirawat di rumah sakit akibat kelelahan usai bertemu dengan pendukungnya.

Saat ini HRS tengah dirawat di Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat. Selain menjadi tempat dirawatnya Habib Rizieq, rumah sakit ini ternyata memiliki fakta-fakta yang menarik yang perlu diketahui.

1. Berada di kawasan Kampung Arab, Bogor

Rumah Sakit (RS) Ummi ini terletak di Jalan Empang II No 2, RT 04/RW 02, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Wilayah tersebut juga dikenal dengan kawasan Kampung Arab, karena banyak ditinggali warga etnis Arab.

"Ya karena di sini banyak warga Arab mangkanya dinamain Kampung Arab," kata salah seorang warga setempat.

2. Dulunya Rumah Sakit Ibu dan Anak

Sebelum dikenal sebagai RS Ummi Bogor, rumah sakit ini dulunya diketahui sebagai Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) pada tahun 2013.

"Iya memang dulu ini RSIA mulai dari tahun 2013 sampai 2016. Kemudian menjadi rumah sakit umum atau RSU per 31 Desember 2016," kata Chairuddin, Humas RS Ummi Bogor, Jumat (27/11/2020).

Akses untuk pergi ke sana juga lumayan mudah. Dari Stasiun Bogor bisa diakses dengan menggunakan angkot nomor 02 dan butuh waktu selama 10 menit untuk sampai di sana.

3. Menjadi Rumah Sakit Umum 2016

Rumah Sakit Ummi Bogor ini pertama berdiri pada tahun 2013 dengan nama RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak). Tetapi, pada 31 Desember 2016, rumah sakit ini berubah nama menjadi RSU (Rumah Sakit Umum).

4. Fasilitas RS Ummi Bogor

RS Ummi Bogor ini juga memiliki beragam fasilitas, mulai dari ruang rawat inap, ruang neonatologi, ruang intensive care, ruang tindakan, hingga ruang hemodialisa. Berikut deretan fasilitas yang dimiliki RS Ummi Bogor yang dikutip dari laman resminya.

Apa saja fasilitas yang ada di RS Ummi Bogor, klik halaman selanjutnya.

  • Ruang rawat inap terdiri dari ruang kelas I, II, III, VIP room, Suite room, dan President suite room.
  • Ruang neonatologi merupakan ruang perawatan bayi baru lahir (0-28 hari), yang memiliki kondisi tubuh yang tidak baik, misalnya bagian paru-paru yang belum siap dan memerlukan tindakan lanjut. Ruangan ini terdiri dari 2 ruang, yaitu neonatologi 1 untuk bayi sehat, neonatologi 2 untuk bayi sakit, dan ruang isolasi.
  • Ruang intensive care yang dimiliki ada beberapa macam, yaitu ICU (Intensive Care Unit), PICU (Pediatric Intensive Care Unit), dan NICU (Neonatal Intensive Care Unit).
  • Ruang tindakan yang ada di RS UMMI Bogor terdiri dari Operate Kamer (OK) dan Verlos Kamer (VK) atau ruang bersalin.
  • Ruang hemodialisa adalah ruangan untuk membantu beberapa fungsi ginjal yang terganggu atau rusak. Tindakan hemodialisa ini membantu menjaga keseimbangan cairan, elektrolit tubuh, dan membantu mengekskresi zat-zat sisa atau buangan.

5. Jadi tempat Habib Rizieq dirawat

Saat ini Habib Rizieq tengah dirawat di RS Ummi Bogor akibat kelelahan. Kondisinya saat ini sudah mulai membaik dan ditempatkan di ruang perawatan President Suite di rumah sakit tersebut.

"Alhamdulillah, IB-HRS dalam kondisi sangat baik, sehat walafiat. Sejak kemarin IB-HRS datang ke RS Ummi meminta 'General Check-Up' karena sempat kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan diciumi ribuan umat Islam yang rindu dan antusias," jelas Slamet seperti diberitakan sebelumnya.



Simak Video "Ngopi Agar Nggak Ngantuk di Jalan, Efektif?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)