Sabtu, 28 Nov 2020 19:00 WIB

Terpopuler Sepekan: Prediksi Terbaru Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Bahaya COVID-19 terus mengintai masyarakat sehingga perlu diingatkan dengan berbagai cara soal bahaya virus asal Cina tersebut, salah satunya dengan mural edukatif. Prediksi terbaru kapan pandemi Corona akan berakhir. (Foto: Whisnu Pradana)
Jakarta -

Kapan pandemi virus Corona COVID-19 berakhir? Mungkin inilah yang dirasakan dan dipertanyakan oleh sebagian besar masyarakat dunia.

Terlebih saat ini sudah ada beberapa kandidat vaksin Corona yang menunjukkan hasil akhir memuaskan, sehingga diyakini dapat membantu dalam pembentukkan herd immunity atau kekebalan kelompok untuk melawan COVID-19.

Meski begitu, analisis yang dilakukan oleh Citi Research menyebut bahwa herd immunity mungkin belum bisa terbentuk sampai akhir 2021.

Hal ini karena, herd immunity baru bisa terjadi ketika sebagian besar masyarakat dari suatu populasi sudah mengembangkan perlindungan atau antibodi terhadap penyakit. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan vaksinasi.

Beberapa kandidat vaksin Corona yang sudah menunjukkan hasil memuaskan adalah vaksin buatan AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Citi Research juga memprediksi sejumlah kandidat vaksin tersebut akan mendapatkan izin penggunaan darurat pada Desember 2020 atau Januari 2021 dan dapat didistribusikan.

Namun, pemerataan distribusi vaksin ini masih belum terkendali. Citi Research mengungkapkan, negara maju secara kolektif telah mengamankan 80 persen vaksin Corona yang sedang dikembangkan. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Kanada, Australia, dan Uni Eropa bahkan telah memesan jumlah dosis vaksin yang melebih populasi mereka.

Sementara, menurut Citi Research, negara-negara berkembang dan miskin kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan vaksin Corona. Negara miskin bahkan harus bergantung pada program penyedia vaksin, COVAX, dari PBB.

Ini berarti negara-negara maju dapat memulai distribusi vaksin yang jauh lebih luas pada kuartal kedua atau ketiga pada tahun 2021, sehingga mereka dapat membentuk herd immunity pada tiga bulan terakhir tahun 2021.

"Kebanyakan orang, yang mencari vaksin, mungkin divaksinasi setidaknya pada akhir 2021," tulis Citi Research, dikutip dari CNBC, Rabu (25/11/2020).



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)