Selasa, 01 Des 2020 06:00 WIB

10 Cara Membakar Lemak Terbaik dengan Cepat dan Mudah

Tim detikcom - detikHealth
Overweight woman with tape is measuring fat on belly - obesity concept Foto: iStock/10 Cara Membakar Lemak Terbaik dengan Cepat dan Mudah

5. Makan Lebih Banyak Lemak Sehat

Meningkatkan asupan lemak sehat sebenarnya dapat membantu mencegah penambahan berat badan dan membantu Anda mempertahankan perasaan kenyang.

Lemak membutuhkan waktu beberapa saat untuk dicerna dan dapat membantu memperlambat pengosongan perut, yang dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Satu studi menemukan bahwa mengikuti diet Mediterania yang kaya lemak sehat dari minyak zaitun dan kacang-kacangan dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Studi kecil lainnya menemukan bahwa ketika orang yang menjalani diet penurunan berat badan mengonsumsi dua sendok makan (30 ml) minyak kelapa setiap hari, mereka kehilangan lebih banyak lemak perut daripada mereka yang diberi minyak kedelai.

Sementara itu, jenis lemak tidak sehat seperti lemak trans telah terbukti meningkatkan lemak tubuh, lingkar pinggang, dan lemak perut dalam penelitian pada manusia dan hewan.

Minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah beberapa contoh jenis lemak sehat yang mungkin memiliki efek menguntungkan pada pembakaran lemak.

Namun, perlu diingat bahwa lemak sehat tetap mengandung kalori tinggi, jadi jangan banyak-banyak mengonsumsinya. Alih-alih makan lebih banyak lemak secara keseluruhan, cobalah menukar lemak tidak sehat dalam makanan Anda dengan jenis lemak sehat ini.


6. Minum Minuman Sehat

Menukar minuman yang mengandung gula dengan beberapa pilihan yang lebih sehat adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan pembakaran lemak.

Misalnya, soda dan jus dikemas dengan kalori dan menawarkan sedikit nilai gizi.

Alkohol juga tinggi kalori dan memiliki efek tambahan untuk menghambat menurunkan berat Anda dan membuat Anda lebih cenderung makan berlebihan.

Studi telah menemukan bahwa mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula dan alkohol dikaitkan dengan risiko lemak perut yang lebih tinggi.

Membatasi asupan minuman ini dapat membantu mengurangi asupan kalori dan menjaga lingkar pinggang Anda.

Sebaliknya, pilihlah minuman bebas kalori seperti air atau teh hijau.

Teh hijau adalah pilihan bagus lainnya. Minuman ini mengandung kafein dan kaya antioksidan, yang keduanya dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme.

7. Penuhi Kebutuhan Serat

Serat larut menyerap air dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Menurut beberapa penelitian, meningkatkan asupan makanan berserat tinggi dapat melindungi dari penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

Buah-buahan, sayuran, polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah beberapa contoh makanan berserat tinggi yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

8. Minum Kopi

Rutin Minum Kopi Bisa Atasi Disfungsi EreksiRutin Minum Kopi Bisa Atasi Disfungsi Ereksi Foto: iStock

Kafein adalah bahan utama di hampir setiap suplemen pembakar lemak.

Kafein yang ditemukan dalam kopi bertindak sebagai stimulan sistem saraf pusat, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan pemecahan asam lemak.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa asupan kafein sementara dapat meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan metabolisme sebesar 3-11%.

Satu studi besar dengan lebih dari 58.000 orang menemukan bahwa peningkatan asupan kafein dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih sedikit selama periode 12 tahun.

Studi lain menemukan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dengan pemeliharaan penurunan berat badan di antara 2.623 orang.

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari kopi, jangan pakai krim dan gula. Pilih nikmati kopi hitam dengan sedikit susu untuk mencegah kalori ekstra menumpuk.


9. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang ditemukan di saluran pencernaan Anda yang telah terbukti meningkatkan banyak aspek kesehatan.

Faktanya, bakteri di usus Anda telah terbukti berperan dalam segala hal mulai dari kekebalan hingga kesehatan mental.

Meningkatkan asupan probiotik Anda melalui makanan atau suplemen juga dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba menambahkan beberapa makanan kaya probiotik ke dalam diet Anda, seperti kefir, tempe, natto, kombucha, kimchi, dan sauerkraut (kol asam).

10. Puasa

Penelitian menunjukkan bahwa puasa merupakan salah satu cara membakar lemak dengan cepat.

Satu ulasan melihat efek puasa termasuk puasa bergantian hari, metode yang melibatkan bergantian antara hari puasa dan makan secara normal.

Mereka menemukan bahwa puasa bergantian hari selama 3-12 minggu mengurangi berat badan hingga 7% dan menurunkan lemak tubuh hingga 12 pon (5,5 kg).

Studi kecil lainnya menunjukkan bahwa makan hanya selama delapan jam setiap hari membantu mengurangi massa lemak dan mempertahankan massa otot bila dikombinasikan dengan latihan ketahanan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/pal)